Kontrol Gerak Berbasis Behaviour

Robot yang menggunakan algoritma high level control berbasis behaviour menanamkan sistem untuk mengendalikan kelaukan / tabiat robot. Algoritma ini adalah salah satu metoda dalam high level kontrol yang banyak diteliti dan dikembangkan. Metoda Behaviour Based Robot ini dapat bekerja dengan baik dalam lingkungan yang dinamis. Misalnya untuk pengejaran objek seperti dalam ajang kontes robot Soccer ( Robot sepak bola ).

Algoritma ini diturunkan dari sifat sifat alami makhluk hidup, yaitu bertingkah laku sesuai dengan keadaan lingkungannya. Berdasarkan informasi dari panca indera tertentu, syaraf yang berhubugan dengan otot gerakan anggota badan terkait akan mendapatkan stimulan dari otak sehingga memberikan suatu respon yang khas. Seseorang akan dengan refleks menarik tangannya apabila menyentuh bara api. Kita akan secara reflek menoleh jika ada seseorang memanggil nama kita.

Prinsip kerja Algoritma ini adalah

STIMULI --> Behaviour --> RESPON


Spesifikasi Behaviour :
- tanpa memori
- tanpa initial kondition
- tanpa pemodelan internal sistem
- tanpa perlu reasoning dalam melakukan aksi.

Setiap behaviour bergantung kepada stimuli yang diterimanya. Stimuli dalam robotik pada dasarnya adlaah data data berbagai macam sensor yang difungsikan.


Kontrol Gerak Berbasis Behaviour Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email