TAHANAN DAN NILAI HANTAR LISTRIK

Berbicara nilai hantar listrik tentunya tidak lepas terhadap nilai tahanan / hambatan listrik pula, karena nilai hantar listrik merupakan kebalikan dari nilai tahanan, disini kita akan membahas mengenai berbagai hal menyangkut tahanan listrik.

Pengertian Tahanan Listrik
Tahanan suatu kawat penghantar listrik adalah penghambat bagi elektron-elektron   pada  saat  pemindahannya.Tahanan   ini  bergantung pada beban ( susunan atom, elektron bebas ), panjang, luas penampang dan temperatur dari suatu kawat penghantar listrik.
Satuannya adalah ohm

Pengertian Nilai Hantar Listrik
Suatu kawat penghantar dengan tahanan kecil, maka kawat tersebut akan menghantar  arus listrik dengan baik kawat tersebut memiliki nilai hantar yang besar. jadi jelas bahwa nilai hantar merupakan kebalikan dari nilai tahanan.

Sehingga dapat dirumuskan

NILAI HANTAR = 1 / NILAI TAHANAN

Pengertian Tahanan Jenis
Tahanan   jenis   adalah   tahanan   suatu   penghantar   pada   panjang penghantar 1 m dan luas penampang 1 mm2   dan pada keadaan temperatur 200.

Macam Tahanan Berdasarkan Bahannya

Sebagaimana  kita ketahui bahwa setiap benda mempunyai nilai hambat terhadap aliran listrik, yang besarnya tergantung pada jenis, penampang dan kondisi temperatur. Dengan  demikian tahanan besar nilai hambat listrik tergantung dari jenis bahannya. Jenis tahanan yang mempunyai komposisi bahan dasar yang berbeda.

1. Tahanan karbon arang
Tahanan ini banyak dijumpai dipasaran, umumnya mempunyai nilai kepekaan yang relative rendah , mempunyai toleransi dan batasan daya (rating daya) kecil.
Tahanan ini digunakan pada pesawat yang kurang memerlukan ketelitian yang canggih.



2. Tahanan gulungan kawat



3. Tahanan Kawat Meta Film


TAHANAN UNTUK FUNGSI SUHU DAN CAHAYA

* LDR dibuat dari cadmium sulfida, yaitu bahan     semi konduktor yang nilai tahanannya  berubah-ubah  menurut intensitas cahaya yang jatuh padanya.

* R. LDR sekitar 10       M di tempat gelap dan menjadi 150       ditempat yang terang.
* Termistor  atau  tahanan  termal  adalah  alat  semi  konduktor     yang berkelakuan  sebagai  tahanan  dengan  koefisien  tahanan  temperatur yang tinggi  biasanya negatif.

* Termistor   ini   dibuat   dari      campuran   oksida-oksida   logam   yang diendapkan,  seperti  :  mangaan  ,  nikel,  kobalt,  tembaga,  besi,  dan uraium.

Semoga bermanfaat,


TAHANAN DAN NILAI HANTAR LISTRIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email