Proteksi dan Instalasi Motor Listrik

Motor motor listrik yang dipasang harus diberikan proteksi terhadap berbagai macam hal. Perlindungan motor berusaha melindungi motornya, sistem suplai  dari berbagai kondisi yang menggangu beban yang digerakan, sestem suplai atau motor itu sendiri. Sebagai bagian dari rangkaian cabang motor, diperlukan cara pemutusan yang tepat dengan kapasitas yang cukup.

Tujuan diterapkannya alat pemutus adalah membuka penghantar suplai ke motor yang memungkinkan orang bekerja dengan aman pada pemasangan. NEC memberikan definisi bahwa alat pemutusan dapat dilihat dan tidak lebih dari 50 kali peralatan yang sedang dikontrol.

Apabila sumber untuk rangkaian cabang motor berada di dalam penglihatan dari motor, alat pemutusan yang sama dapat digunakan untuk memenuhi semua persyaratan undang undang tersebut. Jika sumber untuk rangkaian cabang motor jauh dari motor, maka diperlukan alat pemutus yang lain.

Alat pemutus tersebut mempunyai kemampuan Arus setidaknya sebesar 115% dari arus kerja beban penuh motor. Alat pemutusan tersebut akan membuka semua penghantar suplai bawah tanah dan akan menjadi gang yang dioperasikan, satu mekanisme pengoperasian membuka semua kutub secara bersamaan.

Akan ada indikasi yang lebih jelas apakah pemutus dalam posisi OFF atau ON. pemutus tersebut harus mampu terkunci dalam posisi membuka.

Persyaratan untuk saklar pemutus yang digunakan pada rangkaian cabang motor diberi ukuran kerja 600V. Saklar pemutus harus mempunyai ukuran kerja HP sama dengan atau lebih besar dibandingkan ukuran kerja Horse Power dari motor pada tegangan yang dapat dipakai. Ukuran kerja horsepower dipakai ketika motor macet dan pengendali gagal membuka rangkaian dengan semestinya. Apabila saklar pemutus dioperasikan kemudian saklar harus meutuskan arus rotor tertahan dari motor.

Pembukaan saklar dari pemutus dibawah ukuran kerja yang tidak dapat memadamkan busur api, dapat menyebabkan busur api meloncat ke tutup logam sehingga menyebabkan hubung singkat atau bahkan dapat menyebabkan terlukanya Operator.

Saklar pemutus biasanya tidak digunakan untuk pengasutan dan penghentian yang biasa. Hal ini karena motor berisi induktansi yang besar. Ketika saklar saklar membuka , bunga api / percikan dapat membakar pisau saklar. Jangan berdiri di depan saklar apabila saklar dioperasikan.

Secara umum motor mempunyai arus awal / starting sebesar 6 kali arus beban penuhnya.
Proteksi dan Instalasi Motor Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email