Prinsip Kerja Motor AC Satu Phasa

Kali ini akan dibahas tentang motor AC 1 Fasa, prinsip kerja dan karakteristiknya, serta perbedaannya dengan Motor AC 3 Fasa.
Motor AC satu phasa berbeda cara kerjanya dengan motor AC tiga phasa. Pada motor AC tiga phasa, kumparan stator terdapat tiga belitan yang menghasilkan medan putar dan pada rotor sangkar terjadi induksi dan interaksi torsi yang menghasilkan putaran. Pada motor satu phasa memiliki dua belitan stator, yaitu belitan phasa utama (belitan U1-U2) dan belitan phasa bantu (belitan Z1-Z2).

Belitan utama menggunakan penampang kawat tembaga lebih besar sehingga memiliki impedansi lebih kecil. Sedangkan belitan bantu dibuat dari tembaga berpenampang kecil dan jumlah belitannya lebih banyak, sehingga impedansinya lebih besar dibanding impedansi belitan utama.


Rotor Motor AC 1 Phasa

Rotor motor satu phasa sama dengan rotor motor tiga phasa berbentuk batang- batang kawat yang ujung-ujungnya dihubung singkatkan dan menyerupai bentuk sangkar tupai, maka sering disebut rotor sangkar. Belitan rotor yang dipotong oleh medan putar stator, menghasilkan tegangan induksi, interaksi antara medan putar stator dan medan magnet rotor menghasilkan
torsi putar pada rotor.



Apabila  kumparan-kumparan  motor  induksi  satu  fasa  dialiri  arus  bolak-balik satu fasa, maka pada celah udara akan dibangkitkan  medan yang berputar

Medan magnet berputar bergerak  memotong  lilitan rotor sehingga  menginduksikan tegangan  listrik  pada  kumparan-kumparan  tersebut.  Biasannya  lilitan  rotor  berada dalam  hubung   singkat.   Akibatnya   lilitan  rotor  akan  mengalir   arus  listrik  yang besarnya  tergantung  pada  besarnya  tegangan  induksi  dan  impedansi  rotor.  Arus listrik yang mengalir  pada rotor akan mengakibatkan  medan  magnet  rotor dengan kecapatan sama dengan kecepatan medan putar stator (ns). 

 Interaksi   medan stator dan  rotor  akan  membangkitkan   torsi  yang  menggerakan   rotor  berputar  searah dengan arah medan putar stator. Interaksi medan stator dan rotor juga menyebabkan terjasinya gaya gerak listrik induksi yang disebabkan oleh kumparan-kumparan  stator dan rotor.

Apa itu Slip Motor?
Adanya  perbedaan  medan  putar  stator  dan  medan  putar  rotor  atau  yang disebut slip.




Prinsip Kerja Motor AC Satu Phasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email