Pengertian Permitifitas Listrik

Pernahkah anda mendengar kata permetifitas? ya, biasanya jika kalian membahas dasar dari pengetahuan bahan teknik akan ada permitifitas Bahan.. dalam kelistrikan juga terdapat permitifitas.

Apa itu permitifitas listrik ?
Perhatikan ilustrasi berikut,,
Misalkan ruang antara plat logam sejajar, kita isi dengan bahan dielektrik , kemudian
satu  palt  kiat hubungkan  dengan  kutub  positif,  sedang  plat  yang  lain dengan kutub negatif
suatu baterai seperti pada gambar di bawah ini .


Ini juga terjadi di dalam logam , tetapi logam muatan induksi ini akan menghasilkan  muatan  listrik,  sehingga  kuat  medan  di  dalam  logam menjadi nol.

Dalam dielektrik, muatan induksi yang timbul pada permukaan dielektrik tak seberapa banyaknya , sehingga medan listrik induksi yang ditimbulkannya tidak terlalu besar.

Akibatnya medan listrik di dalam dielektrik menjadi lebih lemah daripada di luar dielektrik, atau bila tak ada di elektrik. Dipandang dari segi medan listrik   dalam   logam,   dapat   kita   katakan   logam   bersifat   dielektrik sempurna. Timbulnya muatan induksi dapat di terangkan sebagai berikut. Misalkan kita mempunyai sekumpullan molekul yang muatan positif dan negatif, pada tiap molekulnya terpusat pada tempat yang sama . Molekul seperti ini di katakan bersifat tak polos.

Bila di taruh dalam medan listrik gaya Coulamb akan meregangkan pusat muatan positif dan negatif sepeti pada gambar di bawah ini .

coba perhatikan gambar diatas,
Gambar 2.63a Molekul tak polar , Pusat muatan positif dan negatif ada di tempat yang sama
Gambar 2.63b Molekul mendapat momen dipol listrik dalam medan listrik.

Akibatnya molekul mendapat momen dipol listrik, yaitu momen dipol terinduksi.  Dalam  molekul  tertentu, pusat distribusi  muatan positif dan muatan negatif pada tiap molekul terpisah .
Molekul  seperti  ini  mempunyai   momen  dipol  listrik  permanen,   dan dikatakan bersifat polar .
Dalam  bahan  bermolekul  polar,  arah  momen  dipol  adalah  acak.  Bila bahan ini di taruh dalam
medan listrik setiap molekul akan mendapat momen gaya karena medan Coulomb, sehingga dipol molekul akan terarah. Akibatnya , bila suatu bahan  dielektrik  di  taruh  dalam  medan  listrik  akan  terjadilah  seperti gambar di bawah ini. Bila rapat muatan induksi kita nyatakan sebagai  Ói ,
kuat medan induksinya 



Semoga bermanfaat,
Pengertian Permitifitas Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email