Pengertian Karakteristik DIODA TUNNEL

Kali ini akan dibahas tentang dioda tunnel, mungkin nama dioda ini masing asing bagi anda, mari kita pelajari

Pengertian Dioda Tunnel
Dioda Tunnel adalah dioda khusus yang di bentuk dari semikonduktor yang dapat membentuk  daerah transisi menjadi sangat sempit .
Dioda  Tunnel  masih  dalam  kondisi  normal  apabila  di  gunakan  pada
gelombang micro , penguat , oscilator dan pembalik frekwensi .
Dioda Tunnel mempunyai karakteristik  perlawanan negatif , yaitu pada pemberian tegangan muka maju, apabila tegangan muka maju ditambah secara perlahan-lahan, arus maju turut bertambah pula , lihat gambar 1 . Setelah   sampai   di   titik   penambahan   tegangan   muka   maju   tidak menyebabkan arus di titik L , baru kemudian arus maju naik lagi

Karakteristik Dioda Tunnel
Karakteristik perlawanan negatif ini terjadi bila tegangan muka majunya antara 200 sampai 300 mili volt .
Dioda Tunnel ini dapat digunakan pada rangkaian osilator dengan karakteristik perlawanan negatifnya dapat mengembalikan  tenaga yang hilang pada saat digunakan untuk berosilasi .

Penggunaan Dioda Tunnel

Salah   satu   pemakaian   Dioda   Tunnel   adalah   sebagai   peralatan pensaklaran  pada  kecepatan  yang  sanga  tinggi  , dikarenakan  proses penerowongan , yang pada dasarnya terjadi pada kecepatan cahaya . Waktu  respon  dibatasi  hanya  kapasitansi  dioda  yang  mana  ada  pada tingkat 1 sampai 10 pf, memungkinkan pensaklaran terjadi ( dari suatu titik awal kesuatu titik dekat puncak ) dengan waktu naik serendah 22 p second .( waktu naik adalah waktu yang diperlukan untuk berubah dari level 10% ke 90% )
Dioda Tunnel juga di gunakan sebagai alat penyimpan memori logik . Rangakaian equivalent untuk sinyal kecil Dioda Tunnel ditunjukkan pada gambar


Rs biasanyan 1 sampai dengan 5 ohm , Ls dari 0,1 sampai 4 nH, dan C
dari 0,35 sampai 100pf .
Induktansi  dan kapasitansi  yang sangat  rendah  memungkinkan  Dioda Tunnel di gunakan di dalam osilator microwave pada frekwensi didalam tingkat 10 GHz .
Resistansi negatif dari Dioda Tunnel memungkinkan Dioda Tunnel di gunakan didalam osilator relaksasi.


Pengertian Karakteristik DIODA TUNNEL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email