Pengendalian Kecepatan Motor

Dala prakteknya sering kecepatan motor harus diubah untuk memenuhi permintaan bebannya. untuk itu diperluakn pengendali kecepatan untuk motor listrik.

Klasifikasi Pengendali Kecepatan Motor :

1. Motor Kecepatan Banyak
2. Penggerak kecepatan yang variabel untuk motor induksi dan motor sinkron
3. Pengendali motor induksi rotor lilit
4. Pengendali motor dc

Mari kita bahas satu persatu,

MOTOR KECEPATAN BANYAK

Motor induksi dengan lilian kecepatan banyak cocok untuk pemakaian yang memerlukan sampai dengan empat kecepatan yang berbeda. Kecepatan ini dipilih dengan menghubungkan lilitan pada konfigurasi yang berbeda dan sangat konstan pada tiap tiap setingnya. Motor Kecepatan banyak sering ditemukan misalnya pada rangkain kipas ventilasi, jika suhu / kelembaban tinggi maka kecepatannya harus ditambah, contoh lain pada motor pompa .

PENGGERAK KECEPATAN VARIABEL

Digunakan untuk menyediakan kontrol kecepatan dengan proses rentang kontinyu. Penggerak kecepatan variabel dapat ditunjuk dengan variasi nama, misalnya penggerak kecepatan yang dapat diatur, penggerak frekuensi yang dapat diatur dan inverter frekuensi variabel.

Penggerak kecepatan variabel ini menggunakan sistem listrik yang disusun dari motor,pngontrol penggerak dan operator pengontrol. Alat mampu mengatur kecepatan maupun torsi dari motor listrik kecepatan konstan. Sistem penggerak ac atau dc digunakan pada setiap pemakain dimana pengendali pengasut sederhana dari motor tidak cukup.

PENGGERAK MOTOR AC ROTOR LILIT

Pada dasarnya motor rotor lilit adalah motor yang dikonstruksi secara khusus yang dapat memberikan pengontrol kecepatan.

Rotor motor dirancang dengan lilitan yang dibawa keluar dari motor melalui slip ring pada poros motor. Lilitan tersebut dihubungkan pada pengontrol yang menempatkan tahanan variabel seri dengan lilitan. Dengan mengubah jumlah tahanan luar yang dihubungkan dengan rangkaian rotor,kecepatan motor dapat diatur dimana semakin rendah tahannanya semakin tinggi kecepatannya.

PENGGERAK AC FREKUENSI VARIABEL

Pengontrol kecepatan dari motor sangkar dapat dicapai jika frekuensi tegangan yang diberikan pada stator diatur untuk mengubah kecepatan sinkron.

Kecepatan motor induksi sangkar berbanding lurus dengan frekuensi tegangan input AC.

Elektronik solid state daya tinggi membuat penggerak frekuensi variabel yang biasanya disebut inverter yang efisien dan akurat. Penggerak utama terdiri dari inverter itu sendiri yang mengubah daya masuk 60Hz menjadi frekuensi variabel dan tegangan variabel. Frekuensi variabel akan mengontrol kecepatan motor.
Pengendalian Kecepatan Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email