Motor Fasa belah Shaded Pole

Motor shaded Pole atau motor fasa belah , ada pula yang menyebutnya Split Phase mempunyai konstruksi yang sederhana dan banyak digunakan pada peralatan listrik rumah tangga diantaranya Blender, kipas angin. mari kita bahas lebih lanjut.
Motor shaded pole atau motor phasa terbelah termasuk motor satu phasa daya kecil. terpasang dan dihubung singkatkan fungsinya sebagai pembelah phasa . Belitan stator dibelitkan sekeliling inti membentuk seperti belitan transformator. Rotornya berbetuk sangkar tupai dan porosnya ditempatkan pada rumah stator ditopang dua buah bearing.


Irisan penampang motor shaded pole memperlihatkan dua bagian, yaitu bagian stator dengan belitan stator dan dua kawat shaded pole. Bagian rotor sangkar ditempatkan di tengah- tengah stator. Torsi putar dihasilkan oleh adanya pembelahan phasa oleh kawat shaded pole .
Konstruksi yang sederhana, daya yang kecil, handal, mudah dioperasikan, bebas perawatan dan cukup disupply dengan AC 220 V jenis motor shaded pole banyak digunakan untuk peralatan rumah tangga kecil.

Perhatikan gambar kontruksi Motor Shade pole berikut


Bagian utama pada motor yaitu :

1. Bagian yang berputar disebut rotor
2. bagian tetap disebut stator
3. saklar sentrifugal


Konstruksi Motor Shaded Pole

Bentuk kumparan rotor menggunakan type gulungan rotor sangkar (squirrel cage rotor) yang terdiri dari sejumlah kumparan kawat tembaga yang dimasukkan dalam alur-alur rotor dan ujung-ujung dari masing-masing kawat tembaga dilas pada komutator.


Kumparan stator terdiri dari kumparan tembaga atau kawat tembaga atau kawat tembaga yang dimasukkan dalam alur-alur stator yang dikenal dengan kumparan utama (main winding) dan kumparan kawat tembaga lain yang disebut dengan kumparan Bantu (auxiliary winding) yang ditempatkan juga pada alur-alur stator yang masih kosong.

Kumparan utama selalu dirancang mempunyai nilai resistansi rendah dan nilai reaktansi tinggi dibanding dengan kumparan Bantu yang selalu mempunyai nilai reaktansi rendah dan resistansi tinggi. Kedua kumparan ini dihubungkan kesumber jala-jala. Dengan kondisis nilai resistansi dan reaktansi kumparan masing-masing tidak sama nilainya, maka sudut fase arus yang mengalir melalui kumparan utama.



Motor Fasa belah Shaded Pole Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email