Cara kerja Prosessor Komputer

Bagaimana sebuah prosessor kecil bisa memproses dengan kecepatan 2Ghz atau lebih... mengontrol, mengolah data secara bersamaan dalam sistem komputer. Mari kita cari tau prosesnya ?

Secara sederhana cara kerja prosesor yaitu dengan menerima umpan balik atau perintah masuk baik dari mouse, keyboard maupun alat inputan lainnya dalam komputer kita kemudian processor menerjemahkan atau memproses data untuk kemudian mengeluarkan outputnya ke softwaare atau hardware yang terkait.

Fungsi Processor


Bayangkan processor itu seperti kalkulator, hanya saja dengan kemampuan pemrosesan data yang jauh lebih cepat dan lebih besar. Fungsi utamanya melakukan operasi aritmetika dan logika pada data, dalam hal ini terdapat ALU ( Aritmetical Logic Unit) .

Data tersebut diambil dari memori atau diperoleh dari alat input yang dioperasikan oleh user misalnya mouse, keyboard, dll. Kerja processor ini dikontrol oleh sekumpulan instruksi software. SOftware tersebut diperoleh / dibaca dari suatu media penyimpanan seperti hardisk, CD ,dll. Kemudian instruksi tadi disimpan dalam RAM ( Random Acces Memory ). Setiap instruksi diberi alamat unik yang berbeda dengan yang lainnya yang disebut Alamat Memori. Selanjutnya processor akan mengakses data data yang ada dalam RAM, dengan cara menentukan alamat yang dikehendaki.


Processor dan RAM dihubungkan oleh unit yang disebut bus. Saat sebuah program dijalankan data akan mengalir dari RAM melalui bus, menuju ke processor. didalam prosessor data ini didekode, kemudian berjalan ke ALU yang bertugas mengkalkulasi dan melakukan perbandingan. Kadang kadang  data disimpan sementara diregister agar dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. Setelah selesai, hasil pemrosesannya mengalir kembali ke RAM atau media ke penyimpanan Apabila data hasil pemrosesan tadi akan diolah lagi, maka data tersebut akan disimpan dalam register, demikian seterusnya
Cara kerja Prosessor Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email