Teorema Superposisi untuk Rangkaian Penguat

Pada penguat transistor sumber dc menetapkan arus dan tegangan tenang. Lalu sumber ac menyebabkan ayunan ayunan pada arus dan tegangan ini. Cara yang sederhana untuk menganalisa rangkaian ini yaitu dengan membagi 2 bagian : analisa dc dan analisa ac.
maka kita bisa menggunakan dalil superposisi untuk menganalisa penguat transistor.

RANGKAIAN EKIVALEN AC DAN DC

Langkah langkah penerapan superposisi pada rangkaian transistor :

1. Kurangi sumber ac menjadi nol, berarti menghubung singkat sumber tegangan dan membuka sumber arus. Buka semua kapasitor. Rangkaian yang tinggal ini disebut rangkaian ekivalen dc. sehingga kita dapat menghitung semua arus dan tegangan dc yang diinginkan.

2. Kurangi sumber dc menjadi nol
berarti sama dengan menghubung singkat sumber tegangan dan membuka sumber arus. Hubungsingkatkan semua kapasitor penggandeng dan kapasitor pintas. Rangkaian yang tinggal disebut rangkaian ekivalen ac. Rangkaian ini adalah rangkaian yang digunakan untuk menghitung arus dan tegangan ac.

3. Arus keseluruhan disetiap cabang pada rangkaian itu adalah jumlah arus dc dan arus ac yang mengalir pada cabang tersebut. Tegangan keseluruhan yang melintas setiap cabang adalah jumlah tegangan dc dan tegangan ac yang melintas cabang tersebut.


Teorema Superposisi untuk Rangkaian Penguat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email