Tegangan Breakdown Dioda

Tegangan Breakdown adalah
Dengan dua lapisan pengosongan menembus basis, lubang lubang basis dibatasi pada kanal tipis semikonduktor jenis p. Resistansi dari kanal tipis ini disebut resistansi penyebaran basis rb yang menaikan nias Balik VBE pada dioda kolektor. sehingga akan memperkecil kanal p yang ekivalen dengan menaikan rb.

Break down voltage atau jatuh tegangan dioda merupakan nilai tegangan minimal pada dioda untuk dapat mengalirkan arus listrik.

Sebuah dioda tidak berfungsi sebagaimana layaknya sebuah resistor, yang dengan mudah dapat mengalirkan arus listrik yang dibebankan kepadanya. Dioda memiliki jatuh tegangan, apabila nilai tegangan yang diberikan kurang dari break down voltage, maka dioda tidak akan mengalirkan arus listrik.

Sebuah dioda yang diberi bias maju, memiliki jatuh tegangan sekitar 0,7 V. Dengan kata lain, jika sebuah dioda diberikan tegangan kurang dari 0, 7 V, maka dioda tidak akan mengalirkan arus listrik. Dan tegangan 0,7 V tersebut, akan menjadi tegangan tetap dioda (VD) di dalam rangkaian.

Arus rekombinasi pada basis harus mengalir kebawah melalui rb. Jika hal ini terjadi maka dihasilkan tegangan.



Tegangan Breakdown Transistor

Karena Separuh dari transistor merupakan dioda, maka tegangan balik yang terlalu besar dapat menyebabkan dioda tersebut breakdown. Tegangan breakdown ini tergantung dari lebar lapisan pengosongan dan tingkat doping. Karena tingkat doping dengan konsentrasi tinggi, dioda emiter mempunyai tengangan breakdown yang rendah, kira kira 5V sampai 30V , sebaliknya dioda kolektor didoping lebih sedikit oleh karena itu tegangan breakdown VCE lebih tinggi antara 20 sd 300V.

Pada transistor yang bekerja normal, dioda kolektor dibias balik. Pada saat VCB terlalu besar, dioda kolektor breakdown dan mungkin rusak disebabkan kelebihan disipasi daya. Karena itu pada hampir semua desain kita harus menjaga agar tegangan kolektor lebih kecil dari rating maksimum untuk VCE yang ditulis pada data sheet pabrikannya. Demikian juga pada beberapa rangkaian transistor, mungkin  pada suatu saat dioda emiter dibias balik, walaupun sebentar tegangan balik tidak boleh melebihi rating maksimum dari VBE.


Tegangan Breakdown Dioda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email