Proses Pembangkitan Tegangan Listrik

Bagaimana Proses terjadinya pembangkitan tegangan listrik?
terjadi karena adanya perubahan energi dari bentuk energi lain menjadi energi listrik.
Jenis proses pembangkitan tegangan :

1. PEMBANGKIT TEGANGAN DENGAN INDUKSI

Apabila lilitan kawat digerakan  didalam medan magnit ( medan magnit ialah ruang yang berada di antara kutub utara dan kutub selatan magnit  ), atau  batang  magnit  digerakan  di dalam  lilitan  kawat,  maka timbul tegangan listrik induksi atau imbas; berikut dibawah ini.

2. PEMBANGKIT TEGAN GAN DENGAN TENAGA KIMIA

Dua logam yang berlainan, misalnya tembaga dan seng, kita rendam di dalam suatu larutan asam belerang di dalam air. Kedua logam itu yang satu bersifat positif dan yang lain bersifat negatif, jadi antara keduanya terdapat beda potensial. Dapat disebut juga, bahwa di dalam alat ini, yang disebut sel volta, terdapat ggl. Lihat gambar Batang tembaga dan batang seng direndam di dalam larutan asam belerang. Antara kedua logam itu terjadi beda tegangan listrik.


3. PEMBANGKIT TEGANGAN DENGAN TENAGA PANAS

Apabila kedua ujung dua potong kawat logam yang berlainan misalnya tembaga dan besi, kita ikatkan satu sama lain dan kita panasi, maka terjadi penekanan elektron ke bagian kawat tembaga yang dingin. Jadi  di ikatan  yang  panas  itu terjadi  penarikan  elektron  dari  besi  ke tembaga. Sehingga terjadi beda tegangan antara ujung besi dan ujung tembaga yang bebas.

4. PEMBANGKIT TEGANGAN DENGAN TENAGA CAHAYA

Beberapa bahan, seperti sodium ( na ), selenium( Se ), potassium ( K ), apabila kena cahaya akan melepaskan  sedikit elektron. Sifat ini dimanfaatkan orang untuk membuat sel-foto( photo cell) sebagai pembangkit  tegangan  listrik  .Pembangkit  tenaga  listrik  yang  dipakai disatelit Telstar, menggunakan cara ini. sel itu disebut sel matahari (solar cell),  karena  menerima  cahaya  matahari  dan  mengubahnya  menjadi tenaga listrik.

5. PEMBANGKIT TEGANGAN DENGAN PIEZO ELEKTRIK

Beberapa  kristal  dapat  membangkitkan   arus  listrik  jika  diberi tekanan mekanis. Atomnya tersusun begitu rupa hingga bila mendapat tekanan pada permukaannya, terjadi pergerakkan elektron yang arahnya lebih mudah ke satu arah daripada arah yang lain.

Hal ini menyebabkan terjadinya muatan positif pada satu permukaan dan muatan negatif pada permukaan lain Gejala listrik piezo.kristal ditekan enimbulkan gerakan elektron, menjadi-kan satu elektroda positif dan yang lain negatif, yang dapat membangkitkan arus.







Proses Pembangkitan Tegangan Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email