Perkembangan Otomasi Industri

Otomasi industri adalah bagian dari ilmu Teknik Elektro yang terus berkembang
Sejarah Otomasi Industri

Otomasi (bahasa  Greek berarti belajar sendiri),  robotisasi atau otomasi  industri  atau kontrol  numerik  merupakan  pemanfaatan  sistem kontrol  seperti  halnya  komputer  yang digunakan  untuk mengendalikan mesin-mesin  industri  dan kontrol  proses  untuk menggantikan  operator tenaga manusia. Industrialisasi itu sendiri merupakan tahapan dalam pelaksanaan mekanisasi, dimana konsep mekanisasi tetap mesin-mesin industri  dilakukan  manusia  sebagai  operator  dengan     menempatkan mesin  sebagai  pembantunya  sesuai  dengan  permintaan  kerja  secara fisik, yang jelas terjadi penurunan besar-besaran kebutuhan manusia sebagai sensor begitu juga berkaitan dengan mental kerja.


Otomasi mampu meningkatkan  aturan main dalam era ekonomi global dan meningkatkan  pengalaman  kerja sehari-hari, misal seorang insinyur dapat mengembangkan  penggabungan  berbagai ragam devais secara otomatisbdan dengan bantuan model matematika dan peralatan pengorganisasi   untuk   membangun   sistem   yang   sangat   kompleks sehingga mempercepat pengembangan  aplikasi dan kegiatan manusia. Walaupun demikian masih banyak pekerjaan yang harus ditangani oleh manusia, bahkan dengan berkembangnya teknologi otomasi memberikan banyak peluang kerja bagi manusia, yang cocok dengan pemanfaat mata manusia  untuk  pekerjaan  presisi  dan  akurasi,  pemanfaatan   telinga manusia,  bahkan  kebutuhan  mutlak  tenaga  manusia  untuk mengidentifikasi dan mencium wewangian yang tidak mungkin dilakukan oleh mesin otomatis. Pengenalan patern manusia, pengenalan bahasa dan kemampuan produksi memang seyogyanya dilakukan oleh insinyur di bidang otomasi.

Seorang spesialis harware komputer, pengguna programmable logic  controllers  (PLCs), sering menerapkan  sistem sinkronisasi  aliran input dari sensor dan disesuaikan  dengan keadaan aliran output untuk menentukan  kondisi  aktuator.  Hal  ini  berfungsi  untuk  keperluan  aksi kontrol secara presisi, yang memang menjadi keharusan terkait dengan kontrol hampir di semua proses industri. Pengalaman nyata yang sangat menakutkan  dunia  adalah  saat datangnya  Y2K  bug dimana komputer diprediksi akan mengalami kekacauan, akan tetapi hal itu berjalan terus bahkan  banyak  temuan  baru  di bidang  komputer  sebagai  alat kontrol otomaasi industri.

Dalam  operasional  otomasi  industri  tidak  jarang  ditemui kegagalan,  kerusakan  atau  gangguan  yang  harus  diantisipasi  dalam bentuk  perawatan  dan pemeliharaan  disamping  layanan  prima  dalam instalasi dan setup awal penerapan otomasi industri. Dilihat secara hardware  dan  software  sistem  otomas i banyak  berhubungan  dengan komponen elektronik, program komputer, pengukuran,  sensor, aktuator dan   sistem   pengaturan,   oleh   karena   itu   seorang   pekerja   yang memberikan   layanan  dan  penjaminan   kualitas  terhadap  operasional sistem industri harus memiliki kompetensi di bidang tersebut di atas dilandasi teori dasar dan sikap yang profesional.
Perkembangan Otomasi Industri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email