Perbandingan Modulasi Amplituda dan Modulasi Frekuensi

Kita pandang dari segi keuntungan dan kerugiannya :

a. Keuntungan FM terhadap AM

(1)  Amplituda sinyal FM konstan, sehingga pemancar tidak memerlukan penguat linier (Klas A, B) seperti pada pemancar AM, tapi cukup penguat Klas C yang mempunyai efisiensi lebih baik.

(2) Adanya capture effect pada penerima FM, yakni sinyal yang lebih kuat ‟mengalahkan‟ sinyal lain yang lebih lemah pada frekuensi yang (hampir) sama. Dalam hal ini sinyal yang lebih lemah diterima di (limitter) penerima dengan mengalami peredaman, bukannya penguatan. Kondisi ini, dapat mencegah interferensi dengan sinyal lain yang tidak diinginkan.

(3) FM tebih tahan terhadap derau, dapat dicapai dengan rangkaian ‟pre&de-emphasis‟ yang  tidak  terdapat  di  sistem  AM.  Hal  ini  dapat  dijelaskan  sebagai  berikut: Derau  mempunyai  efek  yang  lebih  besar  di  frekuensi-  frekuensi  tinggi  daripada rendah. Rangkaian pre-amphasis di pemancar akan menaikkan amplituda komponen2 frekuensi tinggi, sehingga lebih tahan terhadap derau. Di penerima, melalui rangkaian de-emphasis, nilai amplituda komponen2 frekuensi tinggi tersebut dikembalikan ke semula.

(4) Pada Pemancar FM komersial, kanal frekuensi yang berdekatan dipisahkan oleh ‟guard band‟ selebar 25 kHz, sehingga mencegah interferensi antar kanal.  Pemancar FM beroperasi pada daerah frekuensi VHF dan UHF dengan lebih sedikit derau dibandingkan dengan daerah frekuensi pemancar AM, yakni MF dan HF.

(5) Komunikasi FM mendekati ‟line of sight‟ (antena pemancar dan penerima harus saling melihat‟ yang membatasi      radius penerimaan. Hal ini memungkinkan dioperasikannya beberapa pemancar berbeda pada frekuensi yang sama dengan interferensi yang kecil.

b. Kerugian FM terhadap AM

(1) Kanal yang dibutuhkan pada komunikasi FM jauh lebih lebar dari AM
 

(2) Peralatan pemancar dan penerima FM labih rumit daripada AM,  terutama bagian modulator dan demodulatornya.

(3) Penerimaan ‟Line  of Sight‟ pada FM menyebabkan daerah cakupan FM lebih kecil daripada AM.



Perbandingan Modulasi Amplituda dan Modulasi Frekuensi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email