KEASLIAN SINYAL DAN SPEKTRUM ELEKTROMAGNETIK | Telekomunikasi

A. KEASLIAN SINYAL

 Sinyal Baseband: Sinyal informasi yang masih menampakkan spektrum frekuensi asalnya.

Contoh: - Sinyal suara pada pembicaraan telepon kabel

- Sinyal digital pada transmisi data antar komputer

Sinyal Hasil Modulasi: Sinyal asal (baseband) ditumpangkan kepada suatu sinyal pembawa yang mempunyai frekuensi yang jauh lebih tinggi. Prosesnya disebut modulasi, digunakan untuk mengatasi ketidaksesuaian karakter sinyal dengan media( kanal) yang digunakan. Contoh: - Sinyal AM (Amplitude Modulation) modulasi analog

- Sinyal PSK (Phase Sift Keying) modulasi digital



B. Spektrum Elektromagnetik

Spektrum elektromagnetik adalah rentang semua radiasi elektromagnetik yang mungkin. Spektrum elektromagnetik dapat dijelaskan dalam panjang gelombang, frekuensi, atau tenaga per foton. Spektrum ini secara langsung berkaitan.

Spektrum elektromagnetik dapat dibagi dalam beberapa daerah yang terentang dari sinar gamma gelombang pendek berenergi tinggi sampai pada gelombang mikro dan gelombang radio dengan panjang gelombang sangat panjang. Pembagian ini sebenarnya tidak begitu tegas dan tumbuh dari penggunaan praktis yang secara historis berasal dari berbagai macam metode deteksi. Biasanya dalam mendeskripsikan energi spektrum elektromagnetik dinyatakan dalam elektronvolt untuk foton berenergi tinggi (di atas 100 eV), dalam panjang gelombang untuk energi menengah, dan dalam frekuensi untuk energi rendah (λ ≥ 0,5 mm). Istilah "spektrum optik" juga masih digunakan secara luas dalam merujuk spektrum elektromagnetik, walaupun sebenarnya hanya mencakup sebagian rentang panjang gelombang saja (320 - 700 nm).





Pengiriman  informasi  melalui  media udara  (tanpa kabel)  dilakukan  dengan  memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk membawa informasi/pesan ke tempat tujuan.


Keuntungannya:

–   Bisa menjangkau daerah yang cukup luas

–   Tidak diperlukan pemasangan kabel yang rumit

Kerugiannya:

> Rentan terhadap gangguan dari sinyal lain (interferensi)
> Kualitas penerimaan sangat dipengaruhi oleh kondisi geografis selama transmisi Spektrum Elektromagnetik: Daerah frekuensi gelombang elektromagnetik. Dimanfaatkan untuk keperluan telekomunikasi.



KEASLIAN SINYAL DAN SPEKTRUM ELEKTROMAGNETIK | Telekomunikasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email