Sistem Busbar pada Transmisi Tenaga Listrik

Keuntungan Sistem Busbar pada isntalasi Transmisi Tenaga Listrik

Semua peralatan di gardu induk dihubungkan pada dan mengelilingi busbar, corak dasar dari hubungan rangkaian dalam gardu induk ditentukan oleh sistim busbarnya. Dalam sistim busbar ada busbar  tunggal (single bus), busbar ganda (multiple bus) dan ring gelang (ring bus). Kadang-kadang busbar mungkin dapat dihilangkan sesuai dengan komposisi sistim tenaga listrik.



Penggolongan Jenis Busbar

1.   Busbar Tunggal

Busbar  tunggal  adalah  sistim  Busbar  yang  paling  sederhana. Karena  hanya  memerlukan  sedikit  peralatan  dan  ruang  maka  dari  segi ekonomis  sistim  ini  sangat  menguntungkan.  




Sistim  ini  dipakai  untuk  gardu induk. skala kecil yang hanya mempunyai sedikit saluran keluar dan tidak memerlukan pindah-hubungan sistim tenaga. Namun, jika terjadi gangguang pada ril, isolator pada sisi ril, pemutus beban dan peralatan diantaranya, maka pelayanan aliran tenaga listrik akan terputus sama sekali. Jika dipandang perlu mencegah pemutusan pelayanan total, maka dipasang pemutus beban dan pemisah bagian (section) komposisi dari sistim tenaga harus disesuaikan seperlunya.

2.   Busbar Ganda/ril ganda

Busbar ganda terdiri dari dua ril, tiga ril atau empat ril, kedua jenis terkahir ini tidak lazim dipakai. Dengan  ini  pemeriksaan  alat  dan operasi sistim tenaga menjadi lebih mudah. Tidak bekerjanya satu ril  tidak diikuti  dengan  tidak  bekerjanya  transformator  atau  saluran  transmisi.  Di Jepang bila dipakai saluran transmisi rangkap (double circuit), maka biasanya rangkaian pertama dihubungkan dengan ril A dan rangkaian kedua dengan ril B,  sehingga  beban  kedua  rangkaian  itu  seimbang.  Dengan  cara  demikian maka dimungkinkan untuk membatasi pemutusan pelayanan dan arus hubung- singkat dengan membuka pemutus beban penghubung kedua ril itu bila gangguan  terjadi  pada  salah  satu  rangkaian.  Juga  bila  ril  A  dan  ril  B dikerjakan terpisah maka dimungkinkan beroperasinya sistim tenaga yang berlainan. Oleh karena itu sistim dua ril ini pada umumnya dipakai pada gardu induk yang kedudukannya penting dalam sistim tenaga.

Busbar rangkap sistim 4 bagian


3.  Ril Gelang

Ril gelang hanya memerlukan ruang yang   kecil   dan   baik   untuk   pemutusan   sebagian   dari   pelayanan   dan pemeriksaan pemutus beban. Sistim ini jarang dipakai di Jepang karena mempunyai kerugian bahwa dari segi operasi sistim tenaga ia tidak begitu leluasa seperti sistim rua-ril; lagi pula rangkaian kontrol dan pengamanannya menjadi lebih kompleks, dan kapasitas arus dari alat-alat yang terpasang seri harus lebih besar.


4.   Sistim Tanpa Ril

Akhir-akhir ini, sistim unit (periksa Gbr.1.2) dengan menghilangkan ril mulai banyak dipakai karena adanya kemajuan dalam keandalan alat-alat, meluasnya sistim  transmisi  bawah  tanah  di  kota- kota,  dan  penyederhanaan  instalasi karena sukarnya memperoleh tanah.









Sistem Busbar pada Transmisi Tenaga Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email