Sensor Gas TGS untuk untuk kendali sistem

Pengertian Sensor Gas, 
Apa itu sensor gas?
Sensor gas adalah sensor yang befungsi untuk mengukur senyawa gas polutan yang ada di udara,seperti karbon monoksida, hidrokarbon, nitrooksida, dan lain-lain. Sudah semakin banyak dipasaran telah beredar pengindra ga semikonduktor. Tentunya dibedakan oleh sensitivitas sensor tersebut, semakin mahal maka sensitivitas semakin bagus.

Pengindra gas tersebut bekerja dengan semakin tinggi konsentrasi gas maka resistansinya semakin rendah. Banyak sekali type sensor gas yang digunakan dan tersedia dipasaran, seperti sensor gas untuk mendeteksi gas LPG yaitu type TGS 2610 dan sensor gas untuk mendeteksi asap rokok yaitu type AF 30.

 Pada pembahsan ini yang di bahas adalah Sensor Gas Type AF 30. Sensor AF 30 adalah sensor yang dapat mendeteksi asap rokok. Jenis sensor asap secara umum dibagi menjadi 3 macam yaitu ionization smoke detector, photoelectric smoke detector, dan air-sampling smoke detector. Perbedaan dari ketiga jenis smoke detector tersebut hanyalah pada metode deteksinya.

Kita akan membahas beberapa jenis sensor gas Type TGS,

1.Sensor Gas TGS 2610

TGS 2610 adalah sensor yang termasuk dalam jenis kimia yaitu sensor yang dapat mendeteksi unsure kimia berupa gas. Dapat didefinisikan sensor ini merupakan sensor yang dapat mendedteksi keberadaan elpiji dalam udara. Sensor ini memiliki daya tahan yang baik untuk aplikasi penanda bahaya elpiji dalam rumah karena praktis dan tidak perlu daya yang besar. Alas an lainnya adalah karena sensor TGS 2610 ini memiliki sensivitas terhadap gas elpiji.

Komponennya propane dan butane serta masa pakai sensor yang lama jangka waktunya.



2.Sensor TGS 2600
TGS 2600 adalah tranducer utama yang digunakan dalam rangkaian ini, yang merupakan sebuah sensor kimia atau sebuah gas sensor. Sensor ini mempunyai nilai resistansi Rs yang akan berubah bila terkena asap dan juga mempunyai sebuah pemanas (heater) yang digunakan untuk mendeteksi gas yang terkandung dalam asap rokok






Sensor Gas TGS untuk untuk kendali sistem Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email