Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi Komputer

Apa itu sistem operasi?
Kita akan belajar mengenal dasar sistem operasi komputer,

Sistem Operasi adalah software komputer yang berisi mekanisme kerja untuk mengatur hubungan antar berbagai komponen komputer sehingga saling terintegrasi dalam menjalankan fungsinya dalam sebuah sistem komputer.

Program program yang diinstal ke dalam komputer berjalan di dalam sistem operasi sebagai program induk dari komputer. Sistem operasi merupakan program yang pertama kali dibaca oleh komputer setelah BIOS, yang akan membuat komputer bisa aktif dan bisa digunakan untuk bekerja, Tanpa sebuah sistem operasi komputer tidak bisa digunakan.

Saat ini banyak sistem operasi yang beredar di pasaran baik yang free, opensource, maupun yang berbayar. Namun diantara sistem operasi tersebut Microsoft Windows merupakan sistem operasi yang paling banya digunakan.


Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi dapat dipandang sebagai suatu antar muka ( user interface ) antara pengguna dan perangkat keras komputer.

1. Sistem Operasi Sebagai Interface Pengguna dengan Komputer

End User --> Aplikasi --> Utilities --> Sistem Operasi -> Hardware Komputer

perhatikan skema lapisan komputer di atas.

Lapisan yang paling dasar adalah hardware komputer, sementara lapisan diatasnya adalah sistem operasi, hal ini menunjukan bahwa hubungan hardware dengan sistem operasi sangat dekat, 

End User adalah pengguna aplikasi komputer. Dengan demikian End user memandang komputer dari sudut pandang aplikasi, sebagai media yang membantu pekerjaannya.

Utilities merupakan program bantu sistem operasi yang melakukan pengontrolan perangkat seperti proses manajemen file, kontrol input output, dsb

Sementara program sistem yang terpenting adalah sistem operasi yaitu bagian yang melakukan fungsi mediasi bagi programmer untuk menggunakan komputer.

2. Sistem Operasi Sebagai Manajer SUmber Daya 

Sistem operasi juga berfuingsi sebagai manajer sumber daya di dalam komputer. Dalam hal ini sistem operasi merupakan sekumpulan sumber daya yang berfungsi pengontrol, pemindah, penyimpanan dan pengolahan sumber daya tersebut, sehingga sistem operasi bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya tersebut.

Sistem operasi juga berfungsi menciptakan kondisi pada komputer agar dapat menjalankan program komputer secara benar.

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email