Tujuan Penggunaan Kontrol PID untuk Proses Industri

Kontrol PID terus berkembang sejak dimulainya teknologi digital di Industri. dan banyak diterapkan di perangkat perangkat kendali modern.


Luasnya penggunaan kontrol PID pada dasarnya dilatarbelakangi beberapa hal, diantaranya:

Kesederhanaan struktur kontrol: Selain hanya ada tiga parameter utama yang perlu diatur atau dilakukan usaha penalaan (tuning), pengaruh perubahan setiap parameter PID terhadap dinamika pengontrolan secara intuitive mudah dipahami oleh operator.

Kontrol PID memiliki sejarah yang panjang. Dalam hal ini PID telah digunakan jauh sebelum era digital berkembang (yaitu sekitar tahun 1930-an).


Kontrol PID dalam banyak kasus telah terbukti menghasilkan unjukkerja relative memuaskan, baik digunakan sebagai sistem Regulator   (sistem kontrol dengan Setpoint konstan dan beban cenderung berubah-ubah)   maupun sebagai sistem Servo (sistem kontrol dengan Setpoint yang berubah dan beban cenderung konstan)




Pada awal penggunaannya, strategi kontrol PID untuk tujuan kontrol proses industri umumnya  diimplementasikan  dengan  menggunakan  rangkaian  elektronika  analog, bahkan banyak diantaranya direalisasikan  dengan menggunakan komponen mekanis dan pneumatis murni.



Seiring dengan perkembangan dunia digital (terutama microprocessor), dewasa ini PID dapat dijumpai dalam berbagai bentuk modul komersil, yaitu mulai dari sekedar modul PID untuk pengontrolan satu jenis variabel proses tertentu saja (special purpose process controller), sampai modul PID untuk tujuan pengontrolan beragam variabel proses (general purporse process controller) atau lebih dikenal dengan nama populer DCS- Distributed Control System . Bahkan perkembangan terakhir, kontrol PID juga telah banyak ditanamkan pada sistem PLC - Programmable Logic Controller.





Tujuan Penggunaan Kontrol PID untuk Proses Industri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email