Kontrol PID Digital di Industri

Digitalisasi PID merupakan teknologi perkembangan kontrol

Dewasa ini hampir dapat dipastikan modul kontrol PID yang terinstal di industri atau modul komersil yang beredar di pasaran telah didominasi oleh modul digital dengan basis sistem  microprocessor.

 Relative  dibandingkan modul  analog,  modul  PID  digital  ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu:

•Dapat  diintegrasikan  secara  mudah  dengan  sistem  lain  membentuk  sebuah jaringan kontrol

•Banyak fungsi dan fitur tambahan yang tidak dapat ditemukan dalam modul PID
analog

•Kepresisian  sinyal   kontrol   PID   digital   tidak   tergantung  komponen  yang digunakan


Diagram blok modul PID Digital

Dalam bentuk diagram blok, kontrol PID dalam modul digital ini dapat diilustrasikan seperti nampak pada gambardiatas. Karena proses yang dikontrolnya itu sendiri bersifat kontinyu atau analog, maka di dalam modul diperlukan perangkat keras tambahan berupa ADC (Analog to Digital Converter) dan DAC (Digital to Analog Converter) yang digunakan sebagai antara muka kontroler digital  dengan proses.

Berbeda dengan kontrol PID analog yang pengolahannya bersifat kontinyu, Di dalam sistem microprocessor, pengolahan sinyal kontrol oleh PID digital pada dasarnya dilakukan pada waktu-waktu diskret. Dalam hal ini konversi sinyal dari analog ke digital, pengolahan sinyal error, sampai konversi balik digital ke analog dilakukan pada interval atau waktu cuplik (sampling) – Tc tertentu.

Lebar waktu cuplik yang dipilih/digunakan pada kontrol digital harus jauh lebih kecil dari konstanta waktu proses yang dikontrol, hal ini dimaksudkan untuk meminimalkan hilangnya sebagian informasi yang dikandung oleh sinyal aslinya (sinyal analog)


Semoga Bermanfaat,



Kontrol PID Digital di Industri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email