Kontrol pada Visual Basic | Control Active X

Apa saja jenis kontrol pada visual Basic : 


Cara Menggunakan Visual Basic

Kontrol kontrol pada Visual Basic dibagi menjadi 3 jenis :

1. Kontrol Intrinsic

Contohnya Common button dan Frame, kontrol kontrol tersebut terdapat di dalam visual Basic.
Kontrol Intrinsic selalu berada di dalam jendela toolbox, tidak seperti Control Active X dan Objek Objek tambahan lain yang dapat ditambahkan dan dihapus dari bagian toolbox.

2. Kontrol Active X

Merupakan kontrol yang aktif sebagai file terpisah dengan ekstensi .OCX, yang termasuk dalam control Active X adalah control control yang tersedia dalam semua versi Visual Basic, contohnya Datacombo dan Datalist serta kontrol kontrol yang tersedia dalam versi Profesional edition seperti Listview, Toolbar Animation dan Tabbed Dialog.


3. Objek Sisipan

contohnya Ms. Excel Worksheet yang berisi daftar pegawai suatu perusahaan atau Ms. Project Calendar yang berisi informasi jadwal sebuah proyek. Beberapa objek tersebut juga mendukung kerja aplikasi yang anda buat sehingga disebut OLE Automation dan mengijinkan anda untuk membuat program dari aplikasi lain dengan visual Basic.


Kontrol yang termasuk dalam file dengan Extensi .VBX digunakan pada teknologi yang lama dan dapat anda temukan pada Visual Basic Versi Sebelumnya. Pada saat visual Basic anda jalankan sebuah project yang berisi control .VBX akan diubah menjadi .OCX jika versinya tersedia.


Semoga bermanfaat,
Kontrol pada Visual Basic | Control Active X Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email