Cara Menentukan Kaki Dioda

Bagaimana cara menentukan kaki dioda?
Apabila semikonduktor tipe P dan semikonduktor tipe N, keduanya saling digabungkan satu sama lain, maka terjadilah sebuah dioda. Disebut dioda karena mempunyai dua buah kaki, masing-masing pada sisi N dan pada sisi P. Kaki-kaki ini berfungsi sebagai terminal dioda. Sisi P disebut Anoda (A) dan sisi N disebut Katoda (K).

Karena dioda dibuat dengan jalan menggabungkan kedua sisi konduktor tersebut, sehingga disebut dioda junction (lapisan) antara anoda dan katoda.



Bentuk dioda seperti pada gambar 8 dapat ditentukan kaki-kaki sebuah dioda yaitu kaki katoda ditandai dengan garis pada ujungnya.  

 Cara lain adalah dengan menggunakan  Ohmmeter. Dengan menghubungkan jumper Ohmmeter langsung pada kaki dioda dapat ditentukan  Anoda dan Kotoda dari dioda tersebut, yaitu dengan cara menghubungkan jumper warna hitam (positif batterey Ohmmeter) ke salah satu kaki dioda dan jumper warna merah (negatif battrey Ohmmeter) ke kaki lainnya,

a.  Apabila jarum penunjuk Ohmmeter bergerak menuju 0 Ohm (dioda forward), kaki   dioda yang terhubung dengan jumper warna hitam adalah anoda dan merah katoda.

b. Jika jarum Ohmmeter tidak bergerak menuju 0 Ohm (dioda riverse), balikkan hubungan jumper ke kaki dioda sehingga didapatkan seperti hasil pada poin a.


Semoga bermanfaat,

Cara Menentukan Kaki Dioda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email