Autotuning pada Kendali PID

Apa sih Autotuning?
Autotuning ini dikenal juga dengan nama Self-Tuning atau Pre-Tuning, yaitu kemampuan modul untuk menseting parameter PID secara otomatis.

Untuk modul PID ukuran kecil atau modul PID jenis special process controller, fasilitas autotuning diaktifkan umumnya lewat penekanan salah satu tombol yang memang disediakan pada modul, sedangkan untuk modul PID ukuran besar  atau modul PID pada sistem PLC, fasilitas autotuning tersebut diaktifkan lewat perangkat lunak yang berjalan di komputer. Gambar 3.1 memperlihatkan GUI (Grafical User Interface) pada perangkat lunak DirectSoft yang menyediakan fasilitas pengaktifan autotuning untuk PLC merk DirectLogic.

Terkait dengan Autotuning, saat ini banyak dijumpai juga perangkat lunak komputer independen yang  dikhususkan untuk  men-tuning parameter  kontroler untuk  beragam modul PID dari vendor yang berbeda. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh perangkat lunak tersebut adalah penggunaan berbagai metode tuning optimal yang disesuaikan dengan karakteristik proses yang terindentifikasi.

Berikut ini adalah tampilan Fasilitas GUI untuk mengaktifkan fasilitas Autotuning pada perangkat lunak DirectSoft.






Dari sekian banyak metode Autotuning, ada dua buah metode yang umum dijumpai pada modul kontrol PID: (1) Metode respon transien, dan (2) Metode umpan balik relay. Apapun metodenya, proses autotuning pada dasarnya harus dilakukan saat output proses (PV) telah mengalami keadaan steady disekitar nilai terharapnya (yaitu di daerah titik kerja proses).

Selain kemampuan Autotuning, beberapa modul PID komersil juga telah dilengkapi fitur Gain Scheduling. Sesuai dengan namanya, metode Gain Scheduling ini  memberikan kemampuan pada modul untuk menjadwal besaran parameter kontrolnya. Kemampuan tersebut sangat bermanfaat terutama jika proses yang dikontrol memiliki beberapa titik kerja atau kondisi operasi yang berbeda (misal pada proses non linear dan/atau proses yang sering mengalami perubahan beban yang relative ekstrim).


Sekian dulu, jika ada pertanyaan atau perbaikan silahkan komen di bawah...

Terimakasih
Autotuning pada Kendali PID Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email