Sifat Bahan Penghantar Listrik

sifat-sifat  penting  yang  dimiliki  penghantar  ialah  :  tahanan  jenis  listrik, koefisien  suhu  tahanan,  daya  hantar  panas,  kekuatan  tegangan  tarik,  dan timbulnya daya elektro-motoris termo.

a. Daya Hantar Listrik

Arus listrik yang mengalir dalam penghantar selalui mengalami tahanan dari penghantar itu sendiri. Besarnya tahanan tergantung bahannya, dan besarnya tahanan tiap meter   dengan penampang 1 mm2  pada suhu 200C dinamakan tahanan jenis




b. Koefisien Suhu Tahanan

Suatu  bahan  akan  mengalami  perubahan  isi  apabila  terjadi  perubahan  suhu, memuai jika suhu naik dan menyusut jika suhu dingin, tentunya akan mempengaruhi besar nilai tahanannya, yang dapat dihitung dengan persamaan :

R = R0 { 1 +    (t – t0) }

dengan  Ro : besar tahanan awal (ohm), R : besar tahanan akhir (ohm), to : suhu awal (0C), t : suhu akhir (0C), dan     : koefiien suhu tahanan. Nilai tahanan jenis, berat jenis dan titik cair dari bermacam-macam bahan dapat dilihat pada tabel






Bahan  penghantar   yang  paling  banyak  dipakai  adalah  tembaga,  karena  tembaga merupakan bahan penghantar yang paling baik setelah perak dan harganyapun murah karena  banyak  terdapat.  Akhir-akhir  ini  banyak  digunakan  Aluminium  dan  Baja sebagai penghantar walaupun tahanan jenisnya agak besar, hal ini dengan pertimbangan sangat berlimpah dan harganya menjadi lebih murah.

c. Daya Hantar Panas

Daya hantar panas ini menunjukkan  jumlah panas yang melalui lapisan bahan tiap satuan waktu dalam satuan kkal/m.jam, derajat. Pada umumnya logam mempunyai daya hantar panas yang tinggi sedangkan pada bahan-bahan bukan logam rendah.


d. Kekuatan Tegangan Tarik

sifat mekanis ini penting untuk hantaran di atas tanah, maka bahan yang dipakai harus  diketahui  kekuatannya  lebih -lebih  menyangkut  tegangan  tinggi.  Penghantar listrik dapat berbentuk padat, cair, atau gas. Yang berbentuk padat umumnya logam, elektrolit dan logam cair (air raksa) merupakan penghantar cair, dan udara yang diionisaikan  dan  gas -gas mulia (neon), kripton, dan sebagainya)  sebagai penghantar bentuk gas.


e. Timbulnya Daya Elektro Motoris-Termo

Sifat  ini penting  terhadap  dua titik  kontak  yang  terbuat  dari dua bahan  yang berlainan,  karena  pada  rangkaian  arus  akan  terbangkit  daya  elektro  motoris -termo tersendiri bila ada perbedaan  suhu. Karena elektromotoris  ini dapat tinggi, sehingga dapat menyimpangkan  daya pengukuran  arus atau tegangan listrik yang sangat kecil. Besarnya perbedaan tegangan yang terbangkit tergantung dari sifat -sifat kedua bahan dan sebanding dengan perbedaan suhunya. Daya elektro-motoris yang terbangkit oleh perbedaan suhu dinamakan : daya elektro motoris termo.




Semoga bermanfaat,
Sifat Bahan Penghantar Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email