Serat Optik | Fiber Optic sebagai Media Transmisi Komunikasi data


Apa itu serat optik / fiber optic?


Fiber Optik adalah
Serat optik ini banyak digunakan untuk bidang elektro telekomunikasi  sebagai media transmisi komun ikasi data. Perkembangan terakhir pemakaian serat optik (optic fibre) sebagai saluran transmisi komunikasi jarak jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan transmisi konvensional antara lain : saluran 2 kawat sejajar menggunakan  kabel koaksial. Keun tungan menggunakan  serat optik ini antara lain : dimensi  kecil  dan ringan,  bebas  dari interferensi  elektromagnetis,  tidak  ada bahaya loncatan  bunga  api,  tidak  mungkin  terjadi  gangguan  hubung  singkat,  kemungkinan terjadinya percakapan silang (cross talk) sangat kecil, tahan terhadap pengaruh kimia dan suhu sehingga cocok untuk daerah tropis. Sistem komunikasi yang menggunakan transmisi  serat optik  harus  mengubah  sinyal  listrik  menjadi  sinyal  cahaya  pada sisi pengirim dan mengubah sinyal cahaya menjadi sinyal listrik pada sisi penerima. Untuk itu diperlukan sumber optik pada sisi pengirim dan detektor optik pada sisi penerima.


 Berdasarkan konstruksinya, serat optik dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :
a.   Serat optik berbentuk batang dielektrik (selubung udara) b.  Serat optik dengan inti yang mempunyai lapisan tunggal c.   Serat optik dengan inti yang mempunyai lapisan ganda.




berdasarkan teknik pembuatan aserat optik dapat dilakukan dengan :

a.   Dengan pengendapan uap kimia, dapat dilakukan dengan pengendapan uap kimia : intern, ekstern, dan plasma.

b. Dengan gelas komponen jamak, yaitu dibuat dari oksidasi-oksidasi garam karbonat yang diproses dengan senyawa basa. Kemurnian yang diperoleh tidak sebaik proses pengendapan kimia
.
c.   Dengan metode batang dan tabung,  yaitu dengan cara membuat batang inti gelas

yang dimasukkan pada lapisan yang berbentuk tabung kemudian dipanasi dan dimasukkan pada pengarah. Kelemahan metode ini yaitu pencetakan menggunakan proses   pemanasan   kaca   dingin,   sehingga   memungkinkan   terjadi   perubahan permukaan baik pada inti maupun lapisannya.

d.  Dengan serat silika dilapisi resin silikon, yaitu dengan kosntruksi dasar serat yang terbuat dari silika dioksidasi (Si O2) dan lapisannya terbuat dari plastik yang mengandung resin (damar) silikon. Jenis ini lazim disebut serat optik dilapis plastik (Plastic  Clad  Silica  Fibre  :  PCS  Fibre).

Pada  prakteknya,   serat  optik  yang digunakan untuk transmisi telekomunikasi diperkuat dengan komponen tambahan, antara lain : pembungkus atau jaket yang berfungsi menahan pengaruh luar (udara dan air), bahan penguat seperti : kawat baja, plastik, pengisi, pita, dan konduktor terisolasi yang membentuk satu kesatuan kabel.

 Fungsi konduktor berisolasi adlah untuk menyalurkan catu daya penguat ulang (repeater).
Seperti halnya dengan kabel konvensional, kabel serat optik juga terdapat bermacam - macam konstruksi, tergantung pada : penggunaan di udara, air, atau dalam tanah; serta
spesifikasi lain yang dikeluarkan oleh produsen.
Serat Optik | Fiber Optic sebagai Media Transmisi Komunikasi data Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email