Relay Solid State |Rangkaian Kontrol

SSR Solid State Relay adalah aplikasi pada pengisolasian rangkaian kontrol tegangan rendah dari rangkaian beban daya tinggi. Solid State Relay dirangkai secara optis seperti gambar dibawah

;


Dioda yang memancarkan cahaya digabungkan pada rangkaian input yang menyala mengeluarkan cahaya apabila kondisi pada rangkaian benar benar untuk mengaktifkan relay.

Cahaya LED pada fototransistor yang kemudian menghantar menyebabkan arus trigger diberikan pada Triac. Jadi output terisolasi dari input dengan LED sederhana dan susunan fototransistor, persis seperti elektromagnet yang terisolasi dengan input dari kontak penghubung pada EMR konvensional.

Karena sorotan sinyal digunakan sebagai medium kontrol, maka tidak ada tegangan naik atau desah listrik yang dihasilkan pada sisi beban dari relay yang dapat dikirimkan pada sisi kontrol relai.

Keuntungan SSR dibanding EMR Elektromagnet:



SSR lebih terpercaya dan memiliki umur pemakaian yang lebih panjang karena SSR tidak mempunya bagian yang berputar , dapat digabungkan dengan rangkaian transistor dan circuit IC , serta tidak menimbulkan banyak interferensi elektromagnetis.

SSR lebih tahan terhadap goncangan dan terhadap getaran, mempunyai waktu respon yang cepat.

Semoga bermanfaat,

Relay Solid State |Rangkaian Kontrol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email