Pembagian Kelas Bahan Penyekat | Ilmu Bahan

Bahan bahan penyekat / isolasi listrik dapat dikategorikan bermacam macam

Berdasarkan  suhu  maksimum  yang  diizinkannya,  maka  bahan  penyekat  listrik dapat dibagi menjadi :


1. Kelas  Y

Yang termasuk dalam kelas ini adalah bahan berserat organis (seperti kertas, karton, katun, sutera, dan sebagainya)  yang tidak dicelup dalam bahan pernis atau bahan pencelup laiinya. Termasuk  juga bahan termoplastik  yang dapat lunak pada suhu rendah.
2. Kelas A

Yaitu bahan berserat dari kelas Y yang telah dicelup dalam pernis atau kompon atau yang terendam dalam cairan dielektrikum (seperti penyekat fiber pada transformator yang terendam minyak). Bahan -bahan ini adalah katun, sutera, dan kertas yang telah dicelum, termasuk kawat email (enamel) yang terlapis damar-oleo dan daman polyamide.


3. Kelas E

Yaitu bahan penyekat kawat enamel yang memakai bahan pengikat polyvinylformal, polyurethene  dan  damar  epoxy  dan  bahan  pengikat  lain  sejenis  dengan  bahan selulosa, pertinaks dan tekstolit, film triacetate, film dan serat polyethylene terephthalate.


4. Kelas B

Yaitu bahan bukan organik (seperti : mika, gelas, fiber, asbes) yang dicelup atau direkat menjadi satu dengan pernis atau kompon, dan biasanya tahan panas (dengan dasar minyak pengering, bitumin sirlak, bakelit, dan sebagainya).
5. Kelas F
Yaitu bahan bukan organik yang dicelup atau direkat menjadi satu dengan eposide, polyurethane atau pernis lain yang tahan panas tinggi.



6. Kelas H

Yaitu semua bahan komposisi bahan dasar mika, asbes dan gelas fiber dicelup dalam silikon dan tidak mengandung sesuatu bahan organis seperti kertas, katun dll.


7. Kelas C

Yaitu  bahan  bukan  organik  yang  tidak  dicelup  dan  tidak  terikat  dengan  zat-zat organik,  seperti : mika, mikanit,  yang tahan panas (menggunakan  bahan pengikat bukan organik), mikalek, gelas dan bahan keramik. Hanya satu bahan organis saja
yang termasuk kelas C yaitu polytetrafluoroethylene (teflon).








Pembagian Kelas Bahan Penyekat | Ilmu Bahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email