Bahan Super Konduktor | ilmu bahan lsitrik

Bahan konduktor yang dijumpai sehari-hari, selalu mempunyai resistansi. Hal ini disebabkan bahan -bahan tersebut mempunyai resistivitas. Seperti telah dibahas bahwa resistivitas  akan  mencapai  harga  nol  pada  suhu  kritis   (T C).  Dewasa  ini  sedang dikembangkan  usaha  untuk  mencapai  suhu kritis (Tc) bahan-bahan untuk dijadikan super konduktor. Disamping itu medan magnet pada bahan super konduktor lebih kecil daripada medan kritis (Hc)

Daerah superkonduktor pada bidang magnet dan suhu


Daerah super konduktor pada bidang medan magnet dan suhu

Dengan  demikian  suatu  super  konduktor  akan  hilang  super  konduktivitasnya  jika suhunya di atas kritis dan medannya di atas kuat medan kritis. Terdapat 30 unsur dan hampir 100 senyawa yang dapat digunakan sebagai bahan super konduktor. Suhu kritis ,tertinggi super konduktor adalah 18,1OK untuk senyawa Nb3  Sn yang ditemukan oleh Mathias seorang ahli USA.

Perlu diingat bahwa tidak selalu terjadi pada bahan yang pada suhu kamar seperti:

Cu, Ag dan Au merupakan konduktor yang baik akan menjadi super konduktor pada kondisi yang lebih mudah dibandingkan bahan lain pada suhu kamar konduktivitasnya jelek. Ada 2 jenis super konduktor yaitu jenis I : Pb, Ag, dan Sn dapat menyalurkan arus pada permukaan sampai kedalaman 104  mm pada medan magnet hingga setinggi-tingginya  seperti  medan  magnet  Nb  dan  paduan  Pb.  

Super  konduktor  jenis  II  jika medan magnetnya mencapai medan kritis dan suhu kritisnya relatif (lebih tinggi dari jenis I), keadaan super konduktor tidak langsung berubah menjadi konduktor normal, tetapi  menjadi  bahan  yang  merupakan  peralihan  atau  dari  kondisi  super  konduktor menjadi   konduktor   normal.   Pada   jenis   I   yang   mengantarkan   arus   tetap   akan menimbulkan medan magnet tanpa kerugian karena medan listrik di semua tempat nol, sedangkan pada jenis II dalam keadaan yang sama akan menimbulkan kerugian yang sangat kecil dan dapat diabaikan. Jika diteliti dari tabel 8.3 dapat dijelaskan bahwa :

a.   Logam menovalen adalah bukan super konduktor

b.  Logam ferromagnetik dan antiferromagnetik adalah bukan super konduktor

c.   Konduktor yang baik pada suhu kamar adalah bukan super konduktor dan logam super konduktor  sebagai  logam  normal  adalah  bukan  konduktor  yang baik pada
suhu kamar.

d.  Film tipis d ari Be, Bi, dan Fe adalah menunjukkan sebagai super konduktor.

e.   Bismut, Pb, dan Te menjadi super konduktor jika mendapat tekanan yang tinggi.

Penggunaan dari super konduktor sampai saat ini belum dipabrikasi dalam skala besar. Mesin -mesin listrik, transform ator dan kabel sedang dikembangkan mengguna- kan super  konduktor.  


Bahan Super Konduktor | ilmu bahan lsitrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email