Bahan Semikonduktor | Ilmu Bahan Listrik

Ditemukannya bahan semikonduktor telah mendongkrak kemajuan dunia elektronika, sehingga teknologi berkembang pesat, bahan semikonduktor merupakan cikal bakal peralihan dari elektronika analog ke digital dan automatisasi .

Semi konduktor saat ini mempunyai peranan penting di bidang elektronika dan penggunaannya  tidak  terbatas  pada  arus  lemah.  Hal  penting  dalam  semi  konduktor adalah memahami susunan pita dan atom konduksi elektroniknya baik pada bahan konduktor maupun pada semi konduktor. Pada bahan tersebut terdapat pita konduksi maupun pita valensi, dimana kedua pita tersebut saling menumpuk, dan pada isolator jarak keduanya cukup jauh. Pada semi konduktor jarak keduanya tidak terlalu jauh dan ini memungkinkan terjadinya tumpang tindih jika dipengaruhi : panas, medan magnet, dan tegangan yang cukup tinggi. Perbandingan  jarak kedua pita disebut celah energi.


terlihat  bahwa  celah  energi  pada  intan  6  ev  dan  intan merupakan bahan isolator dengan resistivitas tinggi, sedangkan bahan semi konduktor mempunyai celah energi lebih sempit daripada isolator 0,12 – 5,3 ev seperti Si sebagai salah satu bahan semi konduktor dengan celah energi 1,1 ev.


Berdasarkan lebar dan sempitnya celah energi dari bahan -bahan di atas, terlihat bahwa untuk menjadikan bahan semikonduktor agar menghantar listrik diperlukan energi yang tidak besar. Silikon dan germanium murni disebut semi konduktor  intrinsik jika belum mendapatkan  bahan tambahan, sedangkan yang sudah mendapatkan  bahan tambahan disebut  ekstr insik. Bahan tambahan  yang dimaksud  arsenikum  (As) atau boron (B). bahan semikonduktor  yang mendapatkan  tambahan As akan menjadi semi konduktor jenis N, sedangkan yang mendapatkan tambahan B akan menjadi semi konduktor jenis P. 

Beberapa bahan tambahan untuk semi konduktor dapat dilihat pada tabel dibawah :



Bahan semikonduktor sendiri dibagi menjadi 2 yaitu :

1. Semikonduktor Instrinsik
2. Semikonduktor Ekstrinsik


Bahan Semikonduktor | Ilmu Bahan Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email