Bahan Magnet Permanen | Ilmu Bahan Listrik

Pada aplikasinya sering dibutuhkan bahan magnet permanen untuk peralatan atau mesin tertentu.

Magnet  permanen  digunakan  pada  instrumen  penginderaan,  rele,  mesin -mesin listrik kecil, dan lain-lain. Baja karbon yaitu baja dengan komposisi karbon 0,4 – 1,7 % yang merupakan dasar untuk pembuatan magnet permanen. Walaupun harganya murah tetapi  kualitas  kemagneetannya  tidak  terlalu  tinggi.  Kemagnetan  bahan  ini  relaltif mudah hilang terutama oleh pukulan atau vibrasi. Untuk menaikkan mutu kemagnetan baja karbon ditambah wolfram, kromium atau kobal. Magnet yang dibuat dari karbon murni,  wolfram,  kromium,  dan baja kobal  harus  dikeraskan  dalam  air atau minyak mineral sebelum dimagnetisasi.

Bahan paduan alni terdiri  dari aluminium, nikel dan besi, dimana jika bahan tersebut ditambah dengan Si maka disebut alnisi. Sedangkan alnico adalah bahan paduan yang terdiri dari aluminium, nikel, dan kobal, dimana bahan tersebut mempunyai sifat kemagnetan yang tinggi dan lebih murah dibanding baja kobal kualitas tinggi.

 Vectolit adalah bahan paduan yang terdiri dari besi, kobal oksida sedangkan ferroxdure adalah bahan paduan yang terdiri dari besi oksida dan barium dimana bahan ini disebut juga barium ferrit dan di pasaran dengan nama arnox, indox atau ferroba yang dibuat dari bahan  bubuk  yang   yang dipadukan  pada suhu tinggi.  

Penggunaannya  antara  lain :

magnet  pengeras  suara,  perangkat  penggandeng  magnetik,  dll

Sifat-sifat kemagnetan bahan magnet permanen :






Semoga bermanfaat,
Bahan Magnet Permanen | Ilmu Bahan Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email