Sistem Input Output PLC | Interface

Bagian I/O dari PLC tediri dari modul input dan output. Sistem I/O membentuk interface dengan piranti medan yang dihubungkan dengan pengontrol.

Tujuan interface ini adalah untuk kondisi dari berbagai sinyal yang diterima dari atau dikirimkan ke peranti luar. Peranti input seperti tombol tekan, saklar pembatas limit switch, sensor, dsb diberi pengawatan ke terminal modul input.

Peranti output seperti motor kecil, starter motor , katup selenoid, dan lampu indikator diberi pengawatan ke terminal pada modul output.

Beberapa pengontrol yang dapat diprogram memiliki modul terpisah untuk input dan output yang lain memiliki input dan output yang dihubungkan dengan Integral dari pengontrol.



Modul interface  input menerima sinyal dari mesin atau piranti proses misalnya 220 Vac dan mengubahnya menjadi sinyal 5 V dc yang dapat digunakan oleh pengontrol. Modul interface output mengubah pengontrol misalnya sinyal 5V dc menjadi sinyal eksternal 220 Vac yang digunakan untuk mengendalikan mesin atau proses, dalam hal ini dapat digunakan relay / kontaktor. Ada banyak jenis input dan output yang dapat dihubungkan pada PLC secara umum digolongkan dalam 2 jenis yaitu digital dan analog.


Sistem Input Output PLC | Interface Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email