Sistem Distribusi Daya Listrik

Pembangkitan dan pendistribusian daya dari sistem stasiun pusat ke memungkinkan daya dihasilkan pada satu lokasi untuk penggunaan setiap saat ada llokasi lain.

Pentransmisian energi listik dalam jumlah yang sangat besar melalui jarak yang sangat jauh paling efisien dengan menggunakan tegangan tinggit. Tegangan tegangan tinggi digunakan pada saluran transmisi untuk mengurangi jumlah aliran arus sampai sebesar yang dikehendaki.

Daya yang ditransmisikan pada sistem sebanding dengan tegangan dikalikan arus. Juka tegangan dinaikan maka arus dapat dikurangi pada harga yang kecil sementara masih tetap mentransmisikan daya yang sama. Pengurangan arus yang seperlunya pada tegangan tinggi berarti ukuran dan haraga kawat penghantar  yang diperlukan untuk mengalirkan output seluruh pemakaian pembangkit listrik tidak lebih besar dari tegangan yang lebih rendah menuju pelanggan industri. Pengurangan arus juga memperkecil jumlah kehilangan daya pada saluran.

Ada pembatasan pembatasan tertentu untuk menggunakan sistem transmisi tegangan tinggi. Semakin tinggi tegangan yang ditransmisikan maka semakin sulit dan mahal untuk mengisolasi dengan aman antara kawat saluran ke tanah. Oleh karena itu tegangan pada sistem tegangan tinggi umumnya dikurangi secara bertahap selama tegangan tersebut menuju ke daerah penggunaan akhir.

Sistem Distribusi Daya Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email