Siklus Refrigerasi Mesin Pendingin Kulkas Frezeer

Bagaimana Prinsip refrigerasi pada mesin pendingin? 
Refrigerant

refrigerant adalah bahan-bahan yang mempunyai titik didih/penguapan yang sangat rendah. Misalnya amonia murni, freon (CFC). Misalnya amonia, bahan ini akan  menguap  pada  suhu  -  32ºC  (-27ºF).   Kondisi   inilah   yang   membuat suhu dalam ruang pendingin kulkas/freezer menjadi sangat dingin. Bahan yang digunakan untuk proses pendinginan secara umum disebut refrigerant.

Siklus  pendinginan  pada  mesin pendingin  ini  diilustrasikan   pada Gambar


Gambar Siklus Refrigerasi



Gambar proses pendinginan

Siklus refrigerasi dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Kompresor  menyedot   refrigerant dalam  bentuk  gas  tekanan rendah dan memampatkannya    sehingga bertekanan tinggi.     Akibat     dari penekanan ini membuat suhu gas tersebut akan meningkat. Walaupun gas tersebut   suhunya   meningkat namun karena bertekanan tinggi sehingga tidak membuatnya menguap.

2.  Gas yang bertekanan  dan bersuhu tinggi ini dialirkan ke dalam pipa penukar-kalor   bagian  luar (diletakkan di belakang mesin) membuat gas ini melepaskan panas ke udara sekitarnya. Proses pelepasan  panas  ini  membuat daerah sekitar pipa ini lebih tinggi suhunya di bandingkan daerah yang lebih jauh.

3.  Setelah mengalami proses pelepas- an panas,    gas    menjadi    dingin kembali dan berubah menjadi cairan. Walaupun sudah    dalam    bentuk cairan, namun tekanannya masih tinggi.

4.  Dalam keadaan cair dan bertekanan ini, refrigerant kemudian dialirkan melalui katup ekspansi. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa katup ekpansi ini merupakan lubang yang kecil yang pada sisi masukannya bertekanan  tinggi  sedangkan  pada sisi   keluarannya    mempunyai tekanan yang rendah. Sisi yang bertekanan rendah ini terjadi karena isapan (masukan) dari kompresor. Dengan berubahnya dari tekanan tinggi ke rendah membuat cairan refrigerant akan mendidih dan menguap (contoh,   amonia   akan mendidih dan menguap pada suhu -32ºC (-27ºF)) dalam pipa penukar- kalor yang terletak di dalam mesin.

5. Suhu  yang  sangat  dingin  ini menyerap  panas dari ruang sekitar pipa penukar-kalor    ini   membuat suhu ruang menjadi sangat dingin. Ruangan inilah    yang    digunakan sebagai  ruang  pendingin  dalam kulkas dan  freezer.  Mengalirnya cairan melalui  katup  ekpansi biasanya diikuti dengan suara bising. Suara ini bisa kita dengarkan ketika kompresor mati (off).

6. Refrigerant dalam bentuk gas dan bertekanan rendah   ini   kemudian disedot dan ditekan kembali oleh kompresor  sehingga  siklus kembali berulang.

Proses tersebut berjalan secara berulang sehingga alat ini mampu mendinginkan  /  membekukan  bahan  / ma-kanan yang ada di dalamnya

Di dalam kulkas, pada umumnya dilengkapi  oleh  ruang  kecil  yang berfungsi   sebagai   freezer.   Fungsinya bisa   bermacam -macam.   Di   samping untuk   membekukan   bahan   makanan juga untuk pembuatan es batu.

Namun,   untuk   kebutuhan   yang   lebih besar freezer yang ada di dalam kulkas tidaklah memadai. Dan bahkan untuk keperluan pengawetan daging, ikan, dan lain-lain   untuk   keperluan   yang   lebih besar digunakan freezer yang berdiri sendiri. Walaupun begitu, tetap ada fasilitas pengaturan suhunya sehingga bisa  disesuaikan  dengan  jenis  bahan yang disimpan di dalamnya.


Siklus Refrigerasi Mesin Pendingin Kulkas Frezeer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email