Sifat Mekanis Benda Padat | ilmu bahan listrik

Setelah mempelajari Sifat Fisis Benda Padat kali ini akan kita pelajari tentang Sifat Mekanis benda padat

Sifat mekanis  adalah  perubahan  bentuk  dari suatu benda  padat akibat  adanya gaya-gaya  dari  luar  yang  bekerja  pada  benda  tersebut.  Jad i  adanya  perubahan  itu tergantung  kepada  besar  kecilnya  gaya,  bentuk  benda,  dan  dari  bahan  apa  benda tersebut dibuat. Jika tidak ada gaya dari luar yang bekerja, maka ada tiga kemungkinan yang akan terjadi pada suatu benda :

a.  Bentuk benda akan kembali ke bentuk semula, hal ini karena benda mempunyai sifat kenyal (elastis)

b.  Bentuk benda sebagian saja akan kembali ke bentuk semula, hal ini hanya sebagian saja  yang  dapat    kembali  ke  bentuk  semula  karena  besar  gaya  yang  bekerja melampaui batas kekenyalan sehingga sifat  kekenyalan menjadi berkurang.

c.   Bentuk benda berubah sama sekali, hal ini dapat terjadi karena besar gaya yang bekerja  jauh melampaui  batas kekenyalan  sehingga  sifat kekenyalan  sama sekali hilang.

Tegangan patah.

Tiap bahan  yang mengalam i pembebanan  jika ditambah  terus  menerus,  mula- mula mengalami  perubahan bentuk dan akhirnya akan patah. Tegangan patah adalah batas tegangan dalam kg/cm2, dimana bahan akan patah apabila bebannya melampaui batas. Sedangkan yang dimaksud dengan tegangan tar ik/tekan dalam satua kg/cm2  yaitu besarnya  gaya  yang  bekerja  (kg) dalam  satuan  luas (cm2 ),

Perubahan Bentuk karena Beban

Jika   suatu   batang   mengalami   beban   tarik/tekan,   maka   akan   memanjang   atau memendek. Menurut percobaan Robert Hooke menyatakan : batang yang panjangnya 1 cm dibawah batas muatan tertentu, maka pemanjangan atau pemendekannya :

a.   Berbanding lusur dengan  gaya tarik/tekan (P)

b.  Berbanding lusur dengan panjang semula (l)

c.   Berbanding terbalik dengan luas potongan (q)

d.  Tergantung pada macam bahan batang tersebut.






Sifat Mekanis Benda Padat | ilmu bahan listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email