RS Flip Flop | Elektronika Digital

RS Flip Flop merupakan jenis flip flop yang tidak serempak.


Dengan menambah suatu gerbang ke setiap masukan rangkaian dasar itu, flip-flop tersebut dapat diubah untuk menanggapi masukan selama adanya suatu pulsa waktu. Flip-flop RS menurut waktu yang ditunjukkan pada gambar a itu terdiri dari flip-flop NOR dasar dengan dua gerbang AND. 

Keluaran kedua gerbang AND tersebut tetap 0 selama pulsa waktu (yang diberi lambang CP - clock pulse) sama dengan 0, tanpa memandang nilai masukan S dan R nya. Bila pulsa waktu itu menjadi 1, informasi dari masukan S dan R diijinkan untuk masuk ke flip-flop dasar tersebut. Keadaan set tercapai dengan S = 1, R = 0, dan CP = 1. untuk mengubahnya menjadi keadaan bebas, masukan S harus 0, R= 1, dan CP = 1. Dengan masukan R dan S yang keduanya sama dengan 1, adanya pulsa waktu akan menyebabkan kedua keluaran flip-flop itu sesaat sama dengan 0. Bila pulsa waktu itu hilang, keadaannya menjadi tak tentu, dapat dalam keadaan set atau bebas, tergantung apakah masukan set atau reset yang lebih lama sama dengan 1 sebelum berubah menjadi 0 pada akhir pulsa waktu tersebut.

Tanggapan flip-flop menurut waktu merupakan praktek yang umum dijumpai dalam sistem digital karena perubahan dalam sistem itu umumnya diinginkan terjadi serentak menurut kendali sumber waktu. Oleh sebab itu, flip-flop menurut waktu disebut sebagai suatu rangkaian urutan serempak.

Dua lambang untuk flip-flop RS ditunjukkan pada gambar b. Gerbang AND dengan masukan pulsa waktu dapat dilukis diluar lambang tersebut, atau suatu lambang dengan tanda CP digunakan untuk menunjukkan bahwa keluaran flip-flop tersebut tidak akan terpengaruh kecuali bila ada pulsa waktu pada masukan yang bertanda CP itu. 


Diagram Logika RS Flip Flop


Tabel karakteristik flip-flop RS menurut waktu



Prinsip Kerja RS Flip Flop

Dalam praktek flip-flop menurut waktu itu seringkali diinginkan untuk membuat flip-flop tersebut dalam keadaan set atau bebas tanpa harus menunggu datangnya pulsa waktu. Untuk itu umumnya flip-flop menurut waktu selalu dilengkapi dengan masukan set atau reset langsung. Masukan langsung itu sering diberi label SET atau CLR (clear-bebas) untuk membedakannya dengan masukan S (set) dan R (reset) yang bekerja menurut waktu seperti yang ditunjukkan pada gambar b.

Pada awal penggunaan suatu flip-flop sering tidak dapat diramal perilakunya, dalam hal semacam itu masukan SET dan CLR berguna untuk mengawali operasi suatu sistem dengan keadaan flip-flop yang terdefinisi. Persamaan karakteristik flip-flop itu diturunkan dari gambar c. Persamaan itu memberikan nilai keadaan berikutnya sebagai fungsi keadaan sekarang dan masukan-masukannya. Persamaan karakteristik itu adalah pernyataan aljabar untuk informasi biner pada tabel karakteristiknya. Dua keadaan tak tentu pada flip-flop itu ditandai dengan x dalam peta itu karena dapat bernilai 1 atau 0. akan tetapi hubungan SR = 0 harus dimasukan sebagai bagian persamaan karakteristik itu untuk menunjukkan bahwa S dan R tidak dapat sama dengan 1 secara serentak.

Tabel karakteristik flip-flop tersebut ditunjukkan pada tabel 1. Tabel itu merupakan ringkasan operasi flip-flop dalam bentuk tabel. Q adalah keadaan biner flip-flop pada suatu waktu yang diketahui (yang dikatakan sebagai keadaan sekarang), kolom R dan S memberikan nilai yang dapat terjadi untuk masukannya dan Q (t + 1) adalah keadaan flip-flop setelah timbulnya suatu pulsa waktu (dikatakan sebagai keadaan berikutnya).


Sekian, semoga bermanfaat



RS Flip Flop | Elektronika Digital Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email