Perlindungan terhadap kontak listrik | Kejut Listrik

Beberapa cara meminimalsir resiko dari kejutan listrik :

1. Mengisolasi setiap bagian yang bersifat menghantar arus listrik
2. Memastikan setiap bagian bagian yang menghantar arus listrik namun tidak terisolasi telah ditempatkan pada suatu tempat yang telah tertutup baik.

Penggunaan peralatan arus sisa Residual Current Device, tidak dapat mencegah terjadinya kontak lagsung tetapi dapat digunakan sebagai peralatan tambahan untuk setiap langkah percobaan yang diambil, dengan syarat rating arusnya adalah sebesar 30mA atau kurang dan memiliki waktu pemutusan yang tidak lebih dari 40 milidetik.


Perlindungan terhadap kontak tidak langsung

Metode yang banyak dilakukan adalah dengan bonding ekuipotensial yang ditanahkan pemutus suplai otomatis. Semua bagian konduktif luar digabungkan secara bersama sama dengan sebuah konduktor bonding ekuipotensial utama melalui konduktor konduktor protektif rangkain. Sebagai tambahan dapat dipasangkan peralatan proteksi arus lebih yang akan beroperasi dengan ukup cepat jika terjadi gangguan sehingga kejut listrik yang membahayakan dapat dikurangi secara significant.

Seseoran yang didalam suatu instalasi menyentuh bagian instalasi yang bersifat menghantar sambil berdiri di atas pentanahan menggantikan posisi voltmeter dan bisa mengalami kejutan lsitrik. Batas arus kejutan yang melalu tubuh manusia yang dapat diterima adalah 50mA situasi yang sama muncul jika seseorang menyentuh suatu peralatan yang mengalami kegagalan kerja fungsinya.

Salah satu metode untuk melindungi dari bahaya semacam diatas adalah dengan menyatukan semua bagian bagian logam, dikenal sebagai bonding dan menghubungkannya dengan pentanahan. Cara seperti ini mem berikan jaminan bahwa semua bagian logam pda instalasi yang sehat tetap berada pada potensial nol atau mendekati nol dan dalam kondisi gangguan potensial pada logam ini akan bertambah dengan nilai yang hampir sama. Jadi kontak simultan pada bagian ini tidak berakibat terjadinya kejutan listrik yang membahayakan karena tidak ada potensial yang signifikan diantara keduanya.


Perlindungan terhadap kontak listrik | Kejut Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email