Peningkatan Faktor Daya Instalasi Listrik

Apabila diperlukan koreksi faktor daya,  peningkatan dipengaruhi oleh pemasangan kapasitor statik atau motor motor sinkron.

Terkadang untuk tujuan ini, alat alat untuk memajukan fase telah digunakan. Cara ini mungkin sangat mahal sehingga bila memungkinkan, sebaiknya peralatan yang dibeli adalah yang beroperasi pada faktor daya yang bagus,



Bila sebuah pabrik memiliki sejumlah motor induksi harus dibuat pilihan agar apa yang lebih diutamakan adalah peningkatan faktor daya masing masing atau terpusat. Keputusan yang tepat adalah menempatkan sebuah kapasitor antara terminal masing masing motor induksi, tetapi hal ini menjadi tidak ekonomis bila motor motor seperti ini jumlahnya banyak. Karena faktor daya dari sebuah motor sendiri dapat berubah ubah terhadap bebannya, dimana akan menjadi paling rendah pada beban rendah, kapasitor dapat menghasilkan koreksi berlebihan pada beban beban tertentu dan juga menghasilkan suatu tegangan surja yang dapat memiliki efek bagi motor listrik.

Efek efek koreksi yang tidak biasa dapat diatasi dengan pemasangan koreksi faktor daya secara otomatis. Hal ini dapat menggunakan kontrol khusus seperti mikrokontroler, sensor dsb.

Bila mana unit ini memerlukan perbaikan sangat banyak, biasanya lebih baik digunakan koreksi terpusat. Kemungkinan lain koreksi sendiri sendiri dapat diterapkan pada motor motor besar dan mengelompokan motor motor yang lebih kecil secara bersama sama untuk peningkatan secara kolektif.
Peningkatan Faktor Daya Instalasi Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email