Pengontrol yang Dapat Diprogram | Programmable Logic Controller

Pengontrol yang dapat diprogram adalah komputer yang dirancang untuk penggunaan pada mesin.

Tidak seperti komputer pada umumnya, pengpntrol ini telah dirancang untuk bekerja pada lingkungan industri dan dilengkapi dengan input / output khusus dan pengendali bahasa pemrograman. Singkatan umum PC yang digunakan pada industri untuk piranti tersebut dinamakan pengontrol yang dapat diprogram, Programmable Logic Controller (PLC).


Awalnya PLC digunakan untuk mengganti logika Relay, tetapi peningkatan lingkup fungsi didapat pada banyak aplikasi yang lebih kompleks. Karena struktur PLC didasarkan pada struktur yang sama pada struktur yang dipakai pada arsitektur komputer, maka PLC tidak hanya mampu melakukan tugas pensaklaran relay, tetapi juga aplikasi lain seperti pencacahan , penghitungan counter, perbandingan, timer, dan pemrosesan dai sinyal analogi.





Pengontrol yang dapat diprogram menawarkan beberapa keuntungan dibanding jenis pengendali relay konvensional. Relay harus diberi pengawatan kuat hard wire, untuk melakukan fungsi khusus. Ketika sistem memerlukan perubahan, pengawatan relay harus dirubah dan dimodifikasi yang memerlukan banyak waktu. Pada kasus yang ekstrim misalnya pada industri mobil, panel kontrol lengkap harus diganti sebab secara ekonomis tidak mungkin melakukan pengawatan kembali panel lama setiap ada pertukaran model. 

Pengontrol yang dapat diprogram membatasi banyak pengawatan tangan berkaitan dengan rangkaian kontrol relay konvensional. Pengontrol tersebut lebih kecil dan murah dibandingkan sistem kontrol dengan relay ekivalen. PLC juga menawarkan reabilitas solid state, pemakaian daya yang kecil dan kemudahan untuk perluasan. Jika aplikasi memiliki lebih dari setengah dosin relay, mungkin akan lebih murah untuk menggunakan PLC. 

 Komputer Pribadi dapat dibuat menjadi pengontrol yang dapat diprogram jika dilengkapi beberapa persyaratan pada komputer agar dapat menerima informasi dari peranti misalnya tombol tekan atau saklar.  Anda juga memerlukan program input dan menentukan sarana menghidupkan dan mematikan piranti beban.





Pengontrol yang Dapat Diprogram | Programmable Logic Controller Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email