Induktansi dan Kapasitansi

INDUKTOR

Induktor,  yang  merupakan  pokok  pembicaraan   di  dalam  bagian  ini  dan dibagian berikutnya, dan kapasitor, yang dibicarakan kemudian dalam bab ini, dua- duanya  adalah  elemen-elemen  pasif  yang  mampu  menyimpan  dan  memberikan energi yang terbatas jumlahnya. Tidak seperti sumber ideal, elemen pasif tidak dapat menyediakan  energi yang tak terbatas jumlahnya atau daya rata-rata yang terbatas selama interval waktu tak terhingga.

Hubungan Induktansi L dengan tegangan - arus :

Simbol rangkaian untuk induktor diperlihatkan dalam Gambar 7-1, dan harus diperlihatkan bahwa telah digunakan konvensi tanda pasif, sama seperti dengan tahanan. Satuan induktansi diukur dengan henry (H), dan persamaan yang mendefinisikannya   memperlihatkan   bahwa  henry  adalah  pernyataan   yang  lebih pendek untuk volt-detik per ampere



Kita teliti sekarang  (1) untuk  menentukan  beberapa  karakteristik  listrik  dari model  matematis  ini.  Persamaan  ini  memperlihatkan   bahwa  tegangan  melintasi sebuah induktor adalah sebanding dengan laju perubahan arus yang melalui induktor tersebut  terhadap  waktu.  Khususnya,  persamaan  ini memperlihatkan  bahwa  tidak ada tegangan melintasi sebuah induktor yang menyangkut arus konstan, tak perduli betapa pun besarnya arus tersebut. Sesuai dengan itu, maka kita dapat memandang sebuah induktor sebagai sebuah “hubungan pendek bagi dc”. Kenyataan lain yang jelas dari persamaan ini dihubungkan kepada laju perubahan arus induktor yang tak terhingga,  seperti  yang disebabkan  oleh perubahan  tiba-tiba  dalam  arus dari satu harga  terhingga  ke  suatu  harga  terhingga  yang  lain.

 Perubahan  tiba-tiba  atau perubahan  diskontinu  dalam  arus  ini  harus  diasosiasikan  dengan  tegangan  tak berhingga melintasi induktor, maka kita harus memakai tegangan tak terhingga. Walaupun  fungsi pemaksa tegangan  tak berhingga mungkin dapat diterima secara teoritis,  hal  ini  tidak  akan  merupakan  bagaian  fenomena  yang  diperlihatkan  oleh sebuah alat fisis riil.

Perubahan  tiba-tiba di dalam arus induktor juga menghendaki perubahan   tiba-tiba   di  dalam   energi   yang   tersimpan   di  dalam   induktor,   dan perubahan energi yang tiba-tiba ini memerlukan tenaga tak berhingga pada saat itu; tenaga tak berhingga bukanlah bagian dari dunia fisis yang riil. Untuk menghindari tegangan tak berhingga, maka arus induktor tidak boleh meloncat segera dari satu harga  ke  harga  yang  lain.

Jika  ada  usaha  buat  merangkaikan  terbuka  sebuah induktor fisis melalui sebuah arus terbatas mengalir, maka bunga api akan muncul melalui  kontak  penghubung.  Energi  yang  disimpan  dihilangkan  di dalam mengionisasi  udara  pada  lintasan  bunga  api.  Ini berguna  dalam  sistem  penapian mobil,  di  mana  arus  melalui  koil  busi  diinterupsi  oleh  distributor,  dan  bunga  api muncul melalui busi.



Induktansi dan Kapasitansi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email