Induksi Elektrostatik

Dengan Induksi elektrostatik, proses pelistrikan dapat terjadi tanpa kontak ataupun gosokan. Dalam bentuk paling sederhana prinsip tersebut dapat diperlihatkan melalui sebuah bola logam kecil yang ditempatkan pada sebuah dudukan terisolasi . Suatu muatan negatif dapat dihasilkan pada sebuah bahan ebonit melalui gosokan, dan jika batang tersebut didekatkan ke bola logam akan terjadi pembagian ulang muatan pada bola tersebut. 



Kejadian ini disebabkan oleh hukum dasar elektrostatik seperti yang telah dinyatakan sebelumnya. Batang bermuatan negatif memiliki kelebihan elektron, jadi bila dia dibawa mendekati bola, elektron elektron terakhir tertolak dan mebiarkan sisi bola yang lebih dekat kekurangan elektron, yakni bermuatan positif.

Jika batang bermuatan tersebut digerakan, bola akan kembali ke keadaan netralnya. Hubungan ke bumi biasanya digunakan untuk melepaskan suatu muatan, tetapi dalam hal ini pentanahan bisa dilakukan untuk mempertahankan muatan tersebut.

Dengan membawa sebuah muatan positif ke dekat sebuah benda logam netral yang terisolasi, benda tersebut dapat dibuat bermuatan negatif melalui proses yang sama. Dalam hal ini elektron elektron akan mengalir naik dari bumi menuju penghantar bermuatan.

Secara elektris bumi dianggap netral dalam semua keadaan, yang mana merupakan cara lain untuk menyatakan bahwa dia memiliki tempat penyimpanan elektron yang sangat besar.
Induksi Elektrostatik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email