Hubungan antara Daya Tegangan dan Arus Transformator

Transformator menaikan, menurunkan tegangan atau menyamakan tegangan antara kumparan primer dan sekunder tanpa rugi daya yang besar. Output daya transformator = input daya - kerugian internal dan merupakan hasil kali tegangan dan arus.

Tidak ada keuntungan atau kerugian energi pada transformator ideal. Energi yang ditransfer dari rangkaian primer ke sekunder ini adalah tegangan yang dikalikan dengan arus rangkaian primer sama dengan tegangan dikalikan arus rangkaian sekunder. Dengan kata lain trafo ideal output daya harus sama dengan input daya. Ada beberapa kerugian daya trafo dalam prakteknya, tetapi rata rata efisiensi trafo tidak lebih dari 90%.

Kerugian efisiensi yang disebabkan oleh induksi arus eddy pada bahan inti, kerugian tembaga dari kumparan, kerugian histerisis atau gesekan molekuler yang disebabkan oleh perubahan dalam prioritas oleh arus yang diberikan.

Ukuran kerja daya maksimum transformator sering dicantumkan pada plat nama transformator. Dayanya dirancang dengan ukuran kerja VoltAmpere (VA), bukan dengan ukuran Watt. Karena daya trafo adalah daya buta. Transformator ini tidak merubah daya menjadi panas, mentransfer daya dari sumber ke beban saja.

Perbandingan jumlah lilitan primer dengan sekunder adalah = Np/Ns

Np= lilitan primer
Ns= lilitan sekunder

Tegangan yang dinaikan atau diturunkan oada transformator  sebanding dengan perbandingan rasionya.
Tansformator dikelompokan dikelompokan sebagai penaik (step up) dan penurun (step down).

Transformator mengatur secara otomatis arus pada inputnya untuk mendapatkan arus beban output yang diperlukan. Jadi apabila tidak ada arus yang digunakan pada kumparan sekunder maka tidak ada arus yang mengalir pada kumparan primer, kecuali arus penguat. Arus penguat adalah jumlah arus yang sangat rendah untuk mempertahankan rangkaian magnetis.

Pengaturan transformator tergantung pada gaya elektomotif lawan = cemf, yang dibangkitkan pada kumparan primernya oleh magnetisnya sendiri dan magnetisme yang berlawanan yang dihasilkan oleh arus yang ditarik pada beban oleh kumparan sekunder.
Hubungan antara Daya Tegangan dan Arus Transformator Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email