Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Microwave


Aspek keselamatan dan hal-hal penting dalam penggunaan mirowave perlu menjadi perhatian bagi para pengguna alat ini.

Walaupun microwave menjadi cepat populer di masyarakat karena banyak kelebihan yang didapat dari alat ini, seperti    waktu, dan energi    yang dibutuhkan untuk memasak suatu makanan relatif lebih cepat dan hemat, namun ada beberapa aspek yang harus menjadi catatan bagi para penggunanya agar dalam pemakaiannya tidak menimbulkan hal-hal yang bisa membahayakan.  Berikut ini adalah hal- hal yang harus diperhatikan.

Microwave  tidak  berfungsi  dengan baik bila  wadah makanan yang digunakan untuk memasak atau ada benda-benda  lain yang terbuat dari logam (aluminium, besi, stainless steel,   dll).   Bila   ada   benda   yang terbuat dari logam atau mempunyai bagian yang mengandung logam, akan timbul percikan bunga api. Ini sangat berbahaya baik terhadap terjadinya panas lebih maupun akan merusak tabung magnetnya bila berjalan  dalam  waktu  yang  lama. Bila kita kita menjumpai hal tersebut segeralah mematikan microwave dengan mereset atau membuka pintunya.

Bila    menggunakan    tempat    dari plastik, pastikan  bahwa  tempat tersebut cocok untuk microwave. Tanda bahwa tempat cocok untuk keperluan ini  dapat  dilihat  dari keterangan yang biasanya ditulis di bagian bawah   tempat,   dengan tulisan microwave safe atau heat resistant (tahan panas).

Sedapat   mungkin hindarkan penggunaan keramik, karena biasanya  mengandung  logam pada ornamen-ornamennya

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Microwave Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email