Bahan Penyekat Isolasi Listrik

Apa itu Isolasi?

Bahan penyekat  atau sering disebut  dengan  istilah  isolasi  adalah suatu bahan yang digunakan dengan tujuan agar dapat memisahkan bagian-bagian yang bertegangan atau bagian -bagian yang aktif.

Sehingga untuk bahan penyekat ini perlu diperhatikan mengenai sifat-sifat dari bahan tersebut, sepeti : sifat listrik, sifat mekanis, sifat termal, ketahanan terhadap bahan kimia, dan lain -lain.

Beberapa Sifat Isolasi yang perlu diperhatikan adalah :

1. Sifat Listrik
2. Sifat Mekanis
3. SIfat Thermis
4. Sifat Kimia




Sifat Listrik

yaitu suatu bahan yang mempunyai  tahanan jenis listrik yang besar agar dapat mencegah terjadinya rambatan atau kebocoran arus listrik antara hantaran yang berbeda tegangan atau dengan tanah. Karena pada kenyataannya sering terjadi kebocoran, maka harus dibatasi sampai sekecil-kecilnya agar tidak melebihi batas yang ditentukan oleh peraturan yang berlaku (PUIL : peraturan umum instalasi listrik).

Sifat Mekanis
Mengingat sangat luasnya pemakaian bahan penyekat, maka perlu dipertimbang- kan kekuatannya supaya dapat dibatasi hal-hal penyebab kerusakan karena akibat salah pemakaian. Misal memerlukan bahan yang tahan terhadap tarikan, maka dipilih bahan dari kain bukan dari kertas karena lain lebih kuat daripada kertas.

Sifat Termis
Panas  yang  timbul  pada     bahan  akibat  arus  listrik  atau  arus  gaya  magnit berpenga-ruh kepada penyekat termasuk pengaruh panas dari luar sekitarnya. Apabila panas yang terjadi cukup tinggi, maka diperlukan pemakaian penyekat yang tepat agar panas tersebut tidak merusak penyekatnya.

Sifat Kimia
Akibat panas yang cukup tinggi dapat mengubah susunan kimianya, begitu pula kelembaban  udara atau basah  disekitarnya.  Apabila  kelembaban  dan keadaan  basah tidak dapat dihindari, maka harus memilih bahan penyekat yang tahan air, termasuk juga kemungkinan adanya pengaruh zat-zat yang merusak seperti : gas, asam, garam, alkali, dan sebagainya.






Bahan Penyekat Isolasi Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email