Bagian-bagian Utama Freezer Dan Fungsinya


1.  Kompresor
Alat ini berfungsi menyedot  refrige- rant dan menekannya sehingga refrigerant   keluar   dari   kompresor pada tekanan tinggi

2.  Pipa-penukar kalor luar
Pipa-penukar  kalor  luar  ini merupakan pipa yang dibengkok- bengkokkan dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk suatu kumparan yang dipasang di bagian luar   atau   bagian   belakang   dari mesin. Pipa penukar kalor ini disebut juga kumparan kondensor. Penyusunan pipa-penukar kalor sedemikian ini dimaksudkan agar lebih efektif dalam pelepasan panasnya ke udara sekitar.

3.  Katup ekspansi
Katup ekspansi berupa pipa dengan diameter lubang yang sangat kecil yang menghubungkan pipa yang diameter lubangnya sangat kecil (kapiler) ke besar sehingga terjadi proses penguapan  refrigerant  yang ada di dalamnya.

4.  Pipa-penukar kalor dalam
Pipa-penukar kalor dalam atau kumparan evaporator. Pipa kalor ini menerima refrigerant dengan suhu yang sangat rendah sehingga menyerap panas yang ada di sekitar nya. Karena fungsinya itu, kumparan evaporator ini ditempatkan di bagian dalam mesin, yaitu di tuang pendinginya.

5.  Refrigerant
Refrigerant  sebagai  media pendingin, merupakan media yang dialirkan ke dalam pipa-pipa penukar kalor yang digunakan untuk proses pendinginan. Media ini harus mempunyai titik didih/penguapan yang   sangat rendah   agar   dapat mendinginkan/membekukan bahan/makanan yang ada di dalamnya. Media ini seperti amonia, CFC dan DCF.


Perlengkapan penunjangnya, antara lain:
Pemanas  dan  timer  defrost: untuk mencairkan bunga-bunga es yang menempel pada bagian pembeku yang lama   prosesnya   ditentukan oleh sebuah timer (pewaktu)

Kontrol kulkas  dan  freezer: untuk mengatur suhu dalam kulkas/freezer

Lampu:   sebagai   penerang   ruang dalam kulkas

Saklar    pintu:    bertindak    sebagai saklar untuk menghidupkan/mematikan lampu penerangan   ruang   dalam   kulkas. Bila pintu kulkas dibuka, lampu akan menyala, sebaliknya   kalau   pintu ditutup lampu akan mati.

Gasket pintu: sebagai isolasi antara bagian dalam  mesin  dan luar sehingga pendinginan terjadi secara efektif.

Wadah limbah air: tempat air yang menetes dari akibat proses kondensasi atau defrost



Bagian-bagian Utama Freezer Dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email