Statemen Kontrol pada Matlab

Sama seperti bahasa pemrograman yang lain, matlab juga memiliki statemen kontrol.  Berikut  adalah  beberapa  pembahasan  statemen  kontrol  yang  ada  di Matlab:

IF, ELSE DAN ELSEIF

If  merupakan  statemen  control  yang  digunakan  untuk  mengevaluasi  ekspresi logika dan mengekskusi kelompok statemen yang didasarkan pada nilai ekspresi. Penulisan kontrol if else adalah sebagai berikut :
if <ekspresi logika> statement­statement

else if <ekspresi logika> statement­statement
 else<ekspresi logika> statement­statement
end

contoh:


WHILE

While digunakan untuk melakukan proses perulangan selama kondisi ekspresi terpenuhi. Begitu kondisi sudah tidak terpenuhi lagi, maka proses perulangan akan langsung dihentikan.
Bentuk umum dari while adalah :

while <ekspresi> Statement­statement
end

contoh :



 STATEMENT FOR

For digunakan untuk melakukan proses perulangan selama kondisi ekspresi terpenuhi. Perbedaannya dengan while adalah pada for jumlah perulangan dapat diketahui, sedangkan pada while bergantung pada nilai ekspresi.
Bentuk umum dari for adalah :

for indeks=nilai awal:step:nilai akhir statement­statement
end

contoh:

 





CONTINUE DAN BREAK

Statemen continue dan break digunakan pada statemen kontrol for atau while. Fungsi continu adalah melanjutkan ke iterasi berikutnya tanpa menjalankan statemen yang ada di bawah kondisi continu. Sedangkan break, digunakan untuk menghentikan proses iterasi tanpa melanjutkan perulangan.


Statemen Kontrol pada Matlab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email