Sensor Aktuator Manipulator dan Kontrol Robot

Sensor, aktuator dan manipulator merupakan bagian yang penting dan saling berhubungan dalam proses kontrol di indsutri.
Manipulator adalah bagian mekanik yang dapat difungsikan untuk memindah, mengangkat dan memanipulasi benda kerja. Sensor adalah komponen berbasis instrumentasi yang berfungsi sebagai pemberi informasi tentang berbagai kedudukan atau keadaan dari bagian bagian manipulator.



Output sensor dapat berupa nilai logika biner ataupun nilai analog. Dalam berbagai kasus sekarang penggunaan kamera sebagai sensor adalah lazim. Output perangkat kamera berupa citra harus diubah dahulu ke besaran digital ataupun analog sesuai kebutuhan. Teknologi informasi pengolahan citra ke bentuk biner ini banyak dikaji dalam konteks terpisah, yaitu pengolahan citra digital.

Aktuator adalah komponenpenggerak yang jika dilihat dari prinsip penghasil penggeraknya berbasis motor listrik ( motor DC servo, Stepper, motor AC,dsb) penggerak pneumatik dan penggerak hidraulik.

Kontroller adalah rangkaian berbasis mikroprocessor yang berfungsi sebagai pengatur seluruh komponen dalam bentuk fungsi kerja. Tipe pengaturan yang bisa diprogramkan mulai dari prinsip pengurut yang bekerja secara open loop hingga umpan balik dengan melibatkan kecerdasan buatan.


Sensor Aktuator Manipulator dan Kontrol Robot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email