Prinsip Kerja Alat Pemanas Air

Pemanas  air  ada  yang menggunakan gas sebagai sumber energinya ada pula yang menggunakan listrik sebagai sumber dayanya.  Secara prinsip kedua pemanas ini adalah sama, bedanya pada pemanas air listrik menggunakan elemen pemanas yang berdaya listrik, sedangkan pemanas air gas menggunakan gas sebagai sumber energinya  sehingga  pemanas  ini memiliki sebuah pembakar (burner) di bagian bawah tangki dan cerobong asap (chimney) ke atas.

Jenis Pemanas Air :

Bagian-bagian utama alat pemanas air

•    Tangki  bagian  dalam:  terbuat  dari baja dan tangki  ini menjadi  wadah air panas dengan volume sesuai ukuran. Tangki ini harus mampu menahan  tekanan  air  antara  50  –
100 psi. Tangki biasanya diuji pada tekanan   300   psi.   Bagian   dalam tangki   dilapisi   dengan   kaca   liner agar kotoran air mudah terbawa keluar bersama keluarnya air.
•    Isolasi  panas  di  sekeliling  tangki: Isolasi panas ini berfungsi untuk menjaga agar panas tidak keluar       melalui     dinding    tangki    sehingga panas  di dalam  tangki  terjaga  dan tidak boros energi.
•    Pipa saluran air dingin masuk
•    Pipa saluran air panas keluar
•    Thermostat    untuk   mengendalikan suhu air di dalam tangki air (banyak pemanas     air    listrik       mempunyai thermostat pada setiap elemennya)
•    Elemen  pemanas  untuk  memanas- kan air (elemen pemanas sama seperti yang digunakan untuk oven)
•    Katup    buang    digunakan    untuk mengosongkan        tangki        untuk mengganti  elemen  atau           memindah tangki
•    Katup   pengaman   tekanan   untuk mencegah     meledaknya      tangki karena tekanan lebih
•    Batang anoda untuk menjaga tangki agar tidak korosi

Prinsip pemanasan air 

Untuk jenis tangki terbuka, prinsip pemanasan air yang terjadi pada alat pemanas air adalah sebagai berikut. Ketika alat pemanas dihubungkan ke sumber   listrik   dan   dihidupkan,   maka arus  listrik  akan  mengalir  melalui elemen pemanas. Elemen pemanas ini mengubah energi listrik yang melaluinya menjadi energi panas. Panas yang dihasilkan  elemen  ini memanaskan  air yang ada di dalam tangki. Air yang suhunya lebih panas akan bergerak ke atas sedangkan yang dingin akan tetap berada di bawah  karena masa jenisnya lebih tinggi dari air yang panas. Bila air panas dialirkan keluar, maka air dingin masuk di bagian bawah tangki dan dipanaskan. Jadi proses pemanasan air di  dalam  alat  pemanas  air menggunakan prinsip yang sangat sederhana, yaitu naiknya air yang lebih panas di dalam tangki sehingga memisahkan air dingin dan air panas.

Untuk tangki tertutup, prinsip proses pemanasan air sama dengan yang ada pada  sistem  tangki  terbuka.  Yang berbeda adalah proses sirkulasinya memerlukan  tekanan  bantu  yang berasal dari tekanan pompa air. Karena itu, tekanan  dalam tangki harus selalu terkendali  agar tidak melebihi  tekanan kerjanya. Pengendalian ini melalui katup pengaman tekanan.

Alat   pemanas   air   selalu   dilengkapi dengan thermostat. Thermostat digunakan untuk mengontrol suhu air di dalam tangki. Biasanya thermostat ini mempunyai daerah pengesetan pada suhu antara 50-80 °C. Namun, biasanya disarankan pengesetan suhu dilakukan antara 50-60 °C, karena alasan keselamatan, yaitu untuk mencegah kecelakaan  tersiram  air panas dengan suhu yang bisa membuat cedera, terutama  bagi  anak-anak.  Di samping untuk keselamatan, pengesetan suhu yang lebih rendah ini juga untuk penghematan energi.

Thermostat mempunyai sebuah saklar atau pemutar yang digunakan untuk menyetel suhu,

Ketika air dingin masuk ke dalam tangki, air tersebut tetap ada di bagian bawah tangki  seperti  yang telah dijelaskan  di atas.  Jika  penggunaan  air lebih cepat dari  kemampuan  elemen  pemanas dalam memanaskan airnya dan jika pemakaian air sampai menghabiskan air yang ada di dalam tangki, berarti bahwa alat   pemanas   tersebut   kapasitasnya tidak mencukupi untuk pemakaian.

Bila hal ini berjalan secara sering, maka akan sangat dimungkinkan merusakkan elemen pemanas karena terbakar akibat panas lebih. Oleh karena itu, kapasitas alat pemanas perlu disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian.















Prinsip Kerja Alat Pemanas Air Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

3 comments:

Rani Puspita Zone said...

Terima kasih untuk reviewnya,
Perkenalkan Alharsun Indo adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa Service Solahart ,Service Wika dan Service Pemanas Airuntuk daerah Jabodetabek dan sekitarnya,
Sejak berdiri hingga sekarang Alharsun Indo Sudah dikenal luas Sebagai Service Center Solahatrt dan Service Center Wika dengan pelayanan paling memuaskan.

Pahmi Ritonga said...

Terima kasih sudah berbagi, artikelnya sangat bagus, ulasan dan penjelasnnya lengkap dan mudah difahami,
Btw, perkenalkan Alharsun Indo adalah Service Center Pemanas Air pertama yang memfokuskan layanan pada pengadaan barang dan perbaikan,
Layanan yang anda dapatkan di Alharsun Indo diantaranya :

- Service Solahart
- Service Wika Swh
- Service Solar Water Heater
- Service Envirosun Solar Water Heater
- Service Ariston Solar Water Heater
- Service Solahart Handal
- Service Edwards Solar Water heater
- Pasang Kanopi kain
- Service Chiller Cold Storage
- Instalasi Pemanas Air

Dengan semangat menjadi Service Center Solahart terbaik kami akan semakin dekat dengan anda, dimana saja anda dapat mendapatkan layanan kami, diantaranya :
- Service Solahart jakarta
- Service Solahart jakarta Pusat
- Service Solahart jakarta Barat
- Service Solahart jakarta Selatan
- Service Solahart jakarta Timur
- Service Solahart jakarta Utara
- Service Solahart Pondok Indah
- Service Solahart Bogor
- Service Solahart Bandung
- Service Solahart Bekasi
- Service Solahart Serpong
- Service Solahart Depok
- Service Solahart Tangerang
- Service Solahart Kemang
- Service Solahart Bintaro
- Service Solahart Pantai Indah Kapuk

Berbagi Info said...

Oya gan, kalau menurut agan lebih bagus mana Pemanas Air Listrik Atau Pemanas Air Gas. Soalnya kami mau buka usaha water heater. Untuk pemanas air listrik kami telah menghubungi Ariston Indonesia demi melakukan kerja sama barang. Atau agan punya channel. Soalnya saya lihat agan membahas dunia elektronik.


Selain itu, saya juga minta tolong dong gan untuk urusan kompor elektrik dibuat dong gan panduannya, ada beberapa website yang bisa jadi patokan salah satunya www.servicekomporariston.com satunya lagi ini gan komporariston.com

Terima kasih ya gan telah berkenan memberikan saya untuk berkomentar. Thanks berat gan

Berlangganan Via Email