Prinsip Kerja AC Air Conditioner | Pendingin Ruangan

Prinsip kerja AC menggunakan prinsip proses refrigerasi seperti yang digunakan pada mesin-mesin pendingin, refrigerator (kulkas) dan mesin pembeku (freezer) namun pada alat pendingin ruangan  tidak  mempunyai  bagian ruangan yang diisolasi. Alat ini menggunakan refrigerant seperti freon untuk memberikan pendinginannya. Proses pendinginannya dapat dijelaskan secara singkat seperti berikut ini (dapat dilihat pada bagian refrigerator (kulkas) dan freezer.

1.  Kompresor    mengisap    gas   freon dingin dan membuatnya bertekanan tinggi dan menjadi panas.

2.  Gas panas ini kemudian dialirkan ke kondensor  (kumparan  pipa).  Pada kondensor ini gas panas refrigerant mendisipasikan/melepaskan panasnya, sehingga gas ini menjadi dingin     dan      mencair.      Namun tekanannya masih tinggi.

3.  Cairan freon yang bertekanan tinggi ini kemudian dialirkan melalui katup ekpansi         (dari    kapiler    ke    pipa berdiameter besar). Setelah melalui katup     ekspansi,    tekanan    cairan menurun secara drastis. Penurunan tekanan         ini      membuat      cairan menguap menjadi gas dan suhunya rendah sekali (dingin).

4.  Gas  dingin  ini  kemudian  dialirkan pada kumparan evaporator. Pada pipa     evaporator,    gas    menyerap panas dari lingkungannya  sehingga mendinginkan     suhu   dalam   suatu ruang       atau   bangunan.   Demikian proses ini berjalan secara berulang- ulang        membentuk     siklus     yang disebut siklus refrigerasi.






Prinsip Kerja AC Air Conditioner | Pendingin Ruangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email