Perawatan alat pendingin ruangan | Mesin Pendingin Udara

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan mesin pendingin

1. Kondisi       kompresornya.       Bila kompresor   tidak   berjalan   dengan baik maka kompresor tidak mampu mensirkulasikan         refrigerant sebagaimana mestinya. Tidak ada sirkulasi     refrigerant    berarti    tidak terjadi   efek   pendinginan.   Bila   ini terjadi maka tidak ada pilihan lain kecuali         harus           mengganti kompresornya.     Bila      kompresor beroperasi dengan baik maka perlu dilanjutkan pada langkah berikutnya.

2.  Periksa      kondisi      refrigerantnya.
Walaupun  kompresor  dalam keadaan baik, kalau refrigerantnya tidak mencukupi maka pendinginannya akan kurang atau tidak ada sama sekali. Bila terjadi kekurangan refrigerant maka perlu segera diisi kembali (pemeriksaan dan pengisian  harus menggunakan alat pengisian).

3.  Bila    kompresor    dan    refrigerant dalam kondisi normal namun alat belum dingin,  maka perlu diperiksa kumparan pipa kondensernya. Bila suhu  pipa  kondensor  tetap  dingin atau sama dengan suhu lingkungan maka     dimungkinkan         terjadi penyumbatan pada pipa sehingga sirkulasi refrigerant tidak berjalan dengan baik atau terjadi kerusakan pada katup ekspansinya.

4.  Periksa  katup  ekspansinya  terlebih
dahulu,   dan   bila   kondisinya   baik maka baru dilakukan terhadap kemungkinan penyumbatan yang terjadi pada pipa salurannya. Bila tidak dapat dilakukan  perbaikan maka perlu penggantian pipa salurannya.

5. Bila pendinginan tidak terdistribusi seperti     yang     diharapkan     perlu pemeriksaan terhadap blower dan saluran-saluran   udara  dingin  atau unit AHU.


Setelah dilakukan perawatan, dan pemeriksaan  kinerjanya,  perlu  ada catatan tentang:

•   jenis kerusakan;
•    bagian-bagian dan jenis komponen yang diperbaiki dan atau diganti;
•    pengesetan-pengesetan yang dilakukan;

•    catatan tentang performa  alat pasca perawatan, terutama kemampuan pendinginan ke ruang-ruang yang didinginkan.  Untuk  keperluan tersebut suhu ruang perlu diukur dengan termometer.





Perawatan alat pendingin ruangan | Mesin Pendingin Udara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email