Menara pendingin | cooling tower

Pada Sistem pendingin udara digunakan untuk mendisipasikan panas dari kumparan kondenser di luar. Pada sistem yang besar,  efisiensi  dapat  ditingkatkan dengan  menggunakan  menara  air (cooling tower). Menara air ini membangkitkan   semprotan  air  dingin. Air ini mengalir melalui penukar kalor (heat exchanger) dan mendinginkan kumparan pipa panas pada unit pengkondisi  udara.  Ini  memerlukan biaya investasi awal yang lebih tinggi, namun kalau ditinjau dari penghematan energinya, sistem ini akan jauh lebih murah.



Banyak bentuk dan model dari menara air ini, namun  mereka  bekerja  dengan prinsip yang sama, yaitu:

1.  Menara air menghembuskan  udara menggunakan  semprotan air sehingga menyebabkan sebagian air menguap.
2.  Biasanya, air ini menyembur  melalui suatu lembaran tebal dari plastic mesh yang terbuka.
3.  Udara  menghembus  melalui  mesh
ini tegak lurus terhadap aliran air.
4.  Penguapan  ini  akan  mendinginkan
     aliran air.
5. Karena sebagian dari air hilang menguap, menara air ini, maka perlu penambahan air secara tetap untuk    mengkompensasi     kehilangan     air tersebut.

Kapasitas pendinginan yang diperoleh dari menara air tergantung pada kelembapan relatif dari udara dan tekanannya. Misalnya, suhunya 35°C, tekanan barometriknya adalah 29,92 inci dari permukaan air laut dan kelembapannya  adalah 80 %, suhu air di dalam menara air akan turun 6 derajat dan menjadi  89°F (atau turun 3,36 °C dan menjadi 31,7 °C).




Menara pendingin | cooling tower Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email